BANJARNEGARA – Banyaknya keluhan masyarakat terhadap kondisi jalan nasional yang berlubang terus mendapat respon Pemerintah Kabupaten Banjarnegara. Jumat pagi (15/2/2019) Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono turun langsung menambal jalan-jalan berlubang dari depan kantor Pos, Polres Banjarnegara hingga Tunggara Kecamatan Sigaluh.

“Hampir tiap hari masyarakat mengeluh baik melalui SMS, koran ataupun medsos. Sebenarnya ini merupakan jalan nasional, namun kami coba membenahi, minimal menutup lubang jalan agar tidak terjadi kecelakaan,” terang Budhi Sarwono.

Budhi menerangkan, semua keluhan jalan berlubang tersebut sudah diteruskan ke Bina Marga baik provinsi maupun Kementrian PU PR. Namun karena butuh proses serta jadwal waktu, Budhi berinisiatif menambal agar tak membahayakan pengendara.

“Penambalan jalan ini sebagai respon cepat terhadap protes warga tentang jalan berlobang maupun jalan rusak di pusat kota, selain itu sebagai antisipasi agar jalan tidak bertambah rusak akibat hujan,” kata Budhi.

“Upaya melalui surat, telpon dan menemui langsung ke Bina Marga sudah kami lakukan. Namun sambil menunggu proses dan penanganan dari sana, kita tambal dulu agar tidak membahayakan dan memberikan kenyamanan pengguna jalan,” imbuhnya.

Musim hujan dengan intensitas tinggi kerap menjadi pemicu kerusakan jalan. Jika jalan berlobang tidak cepat tertangani maka akan semakin lebar dan membahayakan pengguna jalan.

Dalam melakukan aksinya, Bupati Budhi menggunakan aspal dingin sehingga cepat bisa langsung dilewati.

“Meski lebih mahal, namun lebih praktis dan sangat tepat untuk aksi cepat penambalan jalan,” imbuhnya lagi.

Aksi ini cukup membuat macet sementara. Namun banyak pengendara mengisyaratkan kepuasannya atas aksi tersebut. Beberapa mengacungkan jempol dan melambaikan tangan kepada petugas yang menambal jalan.

“Syukur alhamdulillah sudah ditambal. Karena jika dibiarkan akan semakin lebar dan  membahayakan pengguna jalan, apa lagi malam hari,” kata Iyan, pemotor dari Sigaluh.

“Terima kasih Pak Bupati, habis ini mohon ditambal jalan berlubang di sepanjang Selamanik, kemarin ada yang jatuh,” sapa seorang pria bule yang mengaku mempunyai usaha furniture di Jalan Selamanik.

Aksi tambal jalan ini akan terus dilakukan sesuai aspirasi masyarakat dan Bupati Budhi Sarwono akan selalu memantau langsung ke lapangan. (Muji Prasetyo_dinkominfobna)*