BANJARNEGARA – Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD ) Sengkuyung Tahap I Tahun 2019 akan dimulai tanggal 26 Februari ini di desa Gentansari, Kecamatan Pagedongan. Untuk mempersiapkan segala sesuatunya, Kamis (15/01) Dispermades PPKB mengadakan koordinasi persiapan kegiatan tersebut di Ruang Rapat Aula Sasana Karya Praja Lantai II Komplek Perkantoran Setda.

Kepala Dispermades PPKB, Agus Kusuma mengatakan kegiatan TMMD meliputi dua bidang besar yaitu kegiatan fisik dan non fisik. Ada sejumlah kegiatan fisik yaitu pembangunan rabat beton dengan volume P. 943 m, L 2,5 m, dan T 0,20 m; pembangunan talud pengaman jalan dengan volume P 246 m, L 0,30 m,  T 1.30 m;- dan pembangunan plat beton dengan volume P 1,5 m, L 4 m, dan T 2 m.

“Untuk kegiatan fisik, kita ada tambahan pemugaran RTLH sebanyak 20 unit rumah dan juga pembuatan 1 unit Siskamling” katanya.

Sementara untuk kegiatan non fisiknya berupa kegiatan penyuluhan dari sejumlah OPD.

“Rencananya akan ada 5 kali pertemuan dengan 3 tiga narasumber setiap kali pertemuannya. Namun, penyuluhan ini juga bergantung pada permintaan masyarakat” katanya.

Kabid Pengembangan Kawasan Perdesaan dan Tata Ruang Perdesaaan, Ratnajati Setianingsih menambahkan selain dua kegiatan utama tersebut di atas ada juga sejumlah kegiatan tambahan diantaranya adalah pelayanan posyandu balita dan lansia, pelayanan kesehatan, bazar, penanaman pohon, dan pelayanan KB.

“Pelayanan KB yang dilaksanakan berupa Pelayanan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) untuk 30 aseptor terdiri dari IUD sebanyak 15 aseptor dan implant sebanyak 15 aseptor” katanya. (**_eKobr)