BANJARNEGARA – Buah durian dikenal sebagai raja buah. Kulitnya yang berduri, bau dan rasanya yang menyengat menjadi ciri buah yang banyak digemari orang ini. Rasanya yang kuat itu banyak membuat peminatnya tidak mampu menghabiskan puluhan biji durian dalam satu kali makan. Belum lagi kuatnya bau usai mengkonsumsi buah durian, menempel terus serasa tak hilang-hilang.

Buah durian tidak saja dikenal di hampir semua kepulauan di Indonesia, namun buah ini dikenal juga tumbuh subur di Negara Asia lainnya seperti Thailand dan Malaysia. Buah Durian sendiri, dikenal memiliki banyak varian seperti Musangking dari Malaysia, Montong dari Thailand, dan di Indonesia banyak variannya. Diantaranya durian Bawor di Banyumas, Simimang, Banjarnegara, dan seterusnya. Dimana semua durian tersebut memiliki sensasi rasa yang berbeda beda pula.

Di Banjarnegara sendiri dikenal sejumlah varian durian yang cukup terkenal dan melegenda diantaranya Simimang di Madukara, Kamun di dusun Bondolharjo Kecamatan Punggelan, Si Kirik dukuh Dirun, Singomerto, Sigaluh, dan durian Madu Ketan Karangmangu, Sigaluh.

Musim panen buah durian biasanya ada di bulan Desember sampai Maret dikenal sebagai musim panen buah ini. Maka tak heran di bulan-bulan tersebut semarak buah durian dipasarkan di berbagai tempat. Beberapa tempat melakukannya secara inovatif dengan menyelenggarakan event promosi produk lewat kemasan Festival durian maupun Bazar durian.

Pesta Durian Dpitu salah satu event promosi produk dan pariwisaya akan digelar sebentar lagi. Event ini melengkapi rangkaian event wisata yang digelar di Kabupaten Banjarnegara. Sekaligus menyambung keriuhan event festival durian yang diselenggarakan di wilayah Kecamatan Sigaluh, setelah festival durian desa Karangmangu.

Kasi Pelayanan Informasi Pariwisata dan Kebudayaan pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Chaerudin mengatakan sesuai namanya, Pesta Durian Curug Pitu akan digelar di obyek wisata Curug Pitu, Desa Kemiri, Kecamatan Sigaluh. Hari pelaksanaannya Jumat – Sabtu, tanggal 23 – 24 Pebruari 2019.

“Panitia Festival durian Curug Pitu mengemas kegiatan ini berbayar dengan HTM Rp 40 ribu. Dengan harga ini pengunjung akan mendapat fasilitas satu buah durian, dawet durian, souvenir dan include masuk obyek wisata Curug Pitu (air terjun tujuh tingkat)” katanya.

Bagi para maniak durian disiapkan paket petik durian/pax 150 k mendapat fasilitas 2 buah durian medium, 1 buah kelapa muda dan souvenir juga include masuk Obyek Wisata Curug Pitu.

“Untuk pembelian bisa on the spot dan bisa dibooking secara online melalui aplikasi Google Playstore ” Pesta Durian Dpitu Banjarnegara” atau info lengkap di @kampung_depitu” katanya. (**_eKobr)