BANJARNEGARA – Ratusan pengunjung menyerbu bazar durian yang dikemas dalam acara Produk Unggulan Desa Karangmangu, Kecamatan Sigaluh yang diselenggarakan di Balai Desa setempat. Mereka datang dari berbagai tempat di Banjarnegara dan sekitarnya karena tertarik dengan nama besar durian Madu Ketan yang dikenal memiliki rasa khas seperti halnya namanya.  Maka tak ayal, ratusan durian yang disediakan gratis oleh panitia dalam waktu singkat habis tak bersisa, usai Bupati mengakhiri sambutannya.

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, Rabu (20/02), mengatakan kegiatan ini merupakan upaya untuk mempromosikan desa Karangmangu yang memiliki produk unggulan durian sebagai salah satu destinasi agro wisata yang dimiliki kabupaten Banjarnegara. Budi mengapresiasi upaya kreatif yang ditempuh desa ini karena sangat membantu pengembangan pariwisata Banjarnegara.

“Saya sangat mengapresiasi prakarsa Desa Karangmangu atas inisiatifnya yang sangat mendukung percepatan pembangunan di berbagai bidang termasuk pembangunan pariwisata.” Katanya.

Ketua Panitia Agung  mengatakan promosi produk unggulan desa Karangmangu diselenggarakan selama satu hari. Tempat utama penyelenggaraan kegiatan ada di Balai Desa. Kegiatan ini diikuti oleh 44 peserta yang merupakan petani durian setempat.

“Syarat peserta adalah pemilik buah durian yang berasal dari pohon yang usianya minimal 60 tahun” katanya.

Ke 44 durian ini yang akan dinilai oleh petugas dari Balai Pengkajian Tekhonologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Provinsi Jawa Tengah. Para petugas ini akan menyeleksi durian terbaik yang ke depannya akan digunakan untuk mengangkat potensi produk durian lokal.

“Nanti dinilai mana yang kualitas yang paling baik. Juaranya akan dijadikan mascot branding durian unggulan desa Karangmangu khususnya, dan Kabupaten Banjarnegara pada umumnya” katanya.

Agung berharap, dengan digelarnya kegiataan promosi produk unggulan ini dapat meningkatan  penghasilan bagi para petani, menambah koleksi durian yang ada di Banjarnegara, dan desa Karangmangu bisa menjadi sentra durian. (**_ peliput :  Bagus, Ed : eKobr)