BANJARNEGARA – Guru Banjarnegara kembali mengukir prestasi di tingkat Nasional. Fajriyatun, S.Pd, guru SMP Negeri 1 Rakit terpilih mengikuti program pelatihan pembelajaran (short course) Science, Technology, Enginering and Math (STEM) dan HOTS di Leiden University Belanda. Dirinya terpilih karena raihan prestasi juara 1 nasional perlombaan inovasi pembelajaran yang dilaksanakan oleh Kemendikbud RI.

Fajri didampingi Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Drs Noor Tamami M.Pd, Senin (25/2/2019) berpamitan kepada Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono di pringgitan rumah dinas bupati.

Menurut guru yang akrab disapa Fajrin, dirinya akan berada di Negeri Kincir Angin selama kurang lebih satu bulan. Jadwalnya dimulai dari saat pre-departure tanggal 27 Februari sampai 3 Maret, pelaksanaan 4 sampai 24 Maret dan post departure 24 sampai 26 Maret 2019.

“Saya mohon doa restu kepada masyarakat Banjarnegara agar saya bisa menunaikan tugas belajar di sana dengan baik,” kata Fajri.

Guru yang mengampu mapel IPS ini juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati, Kepala Dindikpora, kepala sekolah beserta jajarannya atas kesempatan yang diberikan kepada dirinya.

Sementara itu Kepala Dindikpora Drs Noor Tamami M.Pd menjelaskan tujuan kegiatan ini antara lain meningkatkan kompetensi guru dalam mengelola kinerja, meningkatkan karir guru melalui profesionalisme guru berkelanjutan (continuous professional program), dan pengetahuan mengenai sistem pendidikan di negeri Belanda.

“Peserta kegiatan ini ada 14 guru SMP  berprestasi tingkat nasional dari seluruh Indonesia. Ada yang dari Jawa Barat, Jawa Timur, Kalsel, Sumbar, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Bengkulu, Bali, Aceh, Banten, dan Sulteng. Mereka merupakan juara guru berprestasi, inobel nasional, juga olimpiade guru nasional. Alhamdulillah terpilih Saudara Fajrin mewakili Jawa Tengah,” katanya.

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono sangat gembira menyambut prestasi ini. Ia berharap peserta bisa menjaga kesehatan dengan baik sehingga dapat mengikuti seluruh proses dengan maksimal. Karena itu, Bupati minta Fajrin untuk mempersiapkannya dengan baik kondisi fisik dan mentalnya.

“Jaga kesehatan dan antisipasi iklim di sana. Saya doakan Panjenengan selama di Belanda dan keluarga di Banjarnegara selalu dilindungi Allah,” sambut Bupati.

Teruslah berprestasi dan bawa ilmu, sebarkan kepada teman guru yang lain.

“Semoga bisa membawa nama harum Banjarnegara yang bermartabat dan sejahtera,” pungkasnya.* (muji prast/ed DS)