BANJARNEGARA – Sukisno (48 th), terpilih sebagai Calon Kades Terpilih Antar Waktu desa Blambangan, Kecamatan Bawang. Dia berhasil meraih suara tertinggi dalam musyawarah desa pemilihan kades antar waktu desa Blambangan yang dilaksanakan Sabtu (09/03) di Balai Desa setempat.

Kaur Kesra pada pemerintahan desa sekarang ini tersebut meraih 78 suara dalam perhitungan suara yang saling salip menyalip antar dua calon kuat. Selisih kemenangannya tidak terlalu jauh dengan perolehan pesaingnya Yusup, Kadus Sembungsemi, yang meraih 67 suara. Perolehan dua calon kuat ini, berselisih jauh dengan calon ketiga, Darpo, swasta yang hanya meraih 19 suara.

Ketiga Calon Kades Antar Waktu Desa Blambangan

Calon Kades terpilih, Sukisno menyatakan akan berupaya melanjutkan program Kades sebelumnya dengan baik. Untuk mencapai ke arah itu, upayanya adalah dengan peningkatan tata kelola pemerintahan desa yg lebih baik. Kedua adalah upaya melaksanakan program-program yang mensejahterakan masyarakat.

“Upaya ini akan kami tempuh melalui pemberdayaan SDM dan SDA yg ada terutama bidang wisata. Blambangan punya potensi menjanjikan di bidang wisata agro, wisata alam, wisata minat khusus, wisata edukasi, dan mengoptimalkan keunggulan desa di bidang pertanian, peternakan, dan perikanan” katanya.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Chasanudin mengatakan Musyawarah pemilihan kades antar waktu diselenggarakan untuk memilih Kades baru sebagai pengganti pejabat sebelumnya yang meninggal dunia pada tanggal 8 November 2018. Peserta musyawarah berjumlah 177 orang yang berasal dari unsur-unsur BPD, Perangkat Desa, dan Unsur Masyarakat yang terdiri dari LP3M, pengurus RT dan RW, PKK, Karang Taruna, dan Pokja Posyandu.

“Dari jumlah 177 jumlah peserta musyawarah desa yang diundang, hadir 170 tidak hadir 7. Dengan demikian pemilihan tetap memenuhi quorum atau sah” katanya.

Untuk soal pemilihan Kades PAW dilaksanakan sama dengan pemilihan Kades.

“Kartu suara menampikan foto dan nomor calon. Setiap peserta memilih pilihannya dalam bilik suara secara rahasia” katanya.

Peserta Musyawarah Pilkades PAW tengah melakukan pencoblosan di Bilik Suara

BPD, kata Chasanudin, mengucapkan terima kasih atas kerjasama semua pihak terkait, Pemda dan jajarannya, Forkompincam, forkompimcam, panitia dan khususnya dukungan seluruh warga masyarakat  desa Blambangan sehingga Musyawarah Desa Pilkades Antar Waktu  bisa berjalan lancar sesuai harapan masyarakat.

“Selanjutnya sesuai Perbup, pelantikan Kades terpilih akan dilaksanakan maksimal setelah 30 hari keluarnya SK Bupati” katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dipermades PPKB), Agus Kusuma dalam sambutannya mengatakan Pilkades PAW Blambangan ini merupakan Pilkades PAW pertama setelah diterbitkanya Perbup No 80 th 2018 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pilkades.

“Alhamdulillah pilkades berjalan lancar dan aman. Ini bisa dijadikan rujukan pilkades PAW desa-desa yang lain. Calon kepala desa terpilih semoga amanah dan  mampu menjalankan sisa periode kades terdahulu dengan baik” katanya. (**_ Peliput : Agung/ed DS)