DS – Wakil Bupati Banjarnegara, Syamsudin menilai keberadaan masjid memiliki peran strategis dalam membangun peradaban manusia. Hal ini karena fungsi masjid selain sebagai tempat ibadah juga memiliki peran sebagai sarana peningkatan kualitas sumber daya manusia. Kegiatan yang banyak dilaksanakan di Masjid yaitu majelis ilmu, perpustakaan, remaja masjid, TPQ, pengajian, dan seterusnya.

Hal tersebut disampaikan Syamsudin saat peletakan batu pertama pembangunan Masjid Qurrata A’ayun di Desa Piasa Wetan, Kecamatan Susukan.

 

Lebih lanjut disampaikan, pembangunan manusia tidak kalah pentingnya dengan pembangunan infrastruktur yang sedang berlangsung. Ini selaras dengan wasiat Presiden pertama RI Bung Karno yang mengatakan tentang nation and character buiding, yaitu membangun manusia Indonesia seutuhnya, manusia yang memiliki nilai, berkepribadian dan berkarakter baik

‚ÄúPrioritas saat ini adalah adalah membangun infrastruktur, akan tetapi membangun manusianya juga tidak bisa dilupakan. Sebab Banjarnegara bermartabat dan sejahtera akan terwujud ketika pembangunan infrastruktur dan manusianya berjalan beriringan,” katanya.

 

Pada pembangunan masjid ini, Wabup melihat ada peran masjid sebagai pengikat ukhuwah. Warga masyarakat Desa Piasa Wetan dari berbagai elemen saling bergotong royong dan membantu pembangunan masjid dengan apa yang dimiliki, baik tenaga, pikiran dan harta.

Dia berharap pada saatnya nanti masjid tersebut memiliki peran menjadi tempat untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta yang indah, representatif, ramai dengan jamaah dan berperan membangun manusia Banjarnegara melalui berbagai kegiatan majelis ilmu dan pengajian. (amar / ed DS)