BANJARNEGARA – Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono secara simbolis menyerahkan SK pengangkatan kepada 375 CPNS. 375 CPNS tersebut hasil penyaringan CPNS formasi tahun 2018 yang telah menjalani pemberkasan Nomor Induk Pegawai (NIP) oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Budhi Sarwono dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada mereka yang baru menerima SK. “Saya menyampaikan selamat atas keberhasilan Saudara dan selamat datang di barisan ASN Kabupaten Banjarnegara. Saudara semua adalah orang-orang yang terpilih, sehingga wajib bersyukur kepada Allah SWT.”
“Hari ini Saudara mendapatkan SK pengangkatan sebagai CPNS, maka sejak hari ini saudara telah mengawali langkah memasuki dunia demokrasi yang selama ini menjadi dambaan saudara, orang tua dan keluarga. Ini adalah bukti formal bahwa Saudara telah dinilai pantas menjadi CPNS,” lanjut Budi.

Menurut bupati, berdasarkan data yang ada saat ini Kabupaten Banjarnegara memiliki kurang lebih 8.100 orang PNS per tanggal 28 Februari tahun 2019. Secara keseluruhan jumlah tersebut terlihat sangat besar Namun apabila kita kaji lebih dalam kita kelebihan pegawai dalam sektor tertentu akan tetapi pada sektor yang lain kita masih kekurangan PNS misalnya untuk tenaga kesehatan, pendidikan dan teknik tertentu.
“Pemkab mengalami kesulitan untuk mengalihkan kelebihan PNS per sektor lain yang membutuhkan Karena tidak semua PNS mempunyai kompetensi untuk mengerjakan tugas-tugas yang bersifat teknis, maka salah satu solusi untuk mencukupi kebutuhan tersebut adalah dengan mengangkat CPNS baru yang direalisasikan melalui kegiatan pengadaan CPNS baik melalui formasi umum, honorer maupun formasi khusus,” ujar Budhi.

Tanpa Pungutan
Bupati menegaskan, dalam proses pengadaan CPNS formasi umum dan tenaga honorer K2 Pemerintah Kabupaten bekerja sama dengan kantor regional 1 BKN Yogyakarta yang memfasilitasi pelaksanaan seleksi kompetensi dasar dan seleksi kompetensi bidang. Proses seleksi dilakukan secara terbuka dan transparan dengan sistem CAT di mana untuk proses seleksinya semua orang bisa melihat langsung hasil yang diperoleh oleh masing-masing peserta lewat layar monitor yang disediakan oleh panitia di kantor regional 1 BKN Yogyakarta.
“Jadi jika ada yang meminta dana mengatasnamakan bupati, kepala BKD atau yang lainnya langsung laporkan ke saya. Akan saya tangkap oknum tersebut,” tegas Bupati Budhi Sarwono.

Sementara itu Kepala BKD Kabupaten Banjarnegara, Yusuf Agung Prabowo SH M. Si dalam laporannya menuturkan, bahwa jumlah CPNS Kabupaten Banjarnegara yang diangkat dari formasi tahun 2018 berjumlah 375 orang yang berasal dari formasi umum sejumlah 305 orang dan formasi tenaga honorer K2 jumlah 70 orang.
“Rinciannya golongan 3a 18 orang, golongan 3a 319 orang, golongan 2c 38 orang. Berdasarkan formasi jabatan formasi Guru 303 orang, tenaga kesehatan 52 orang, formasi tenaga teknis lainnya 20 orang,” kata Agung.
“Selanjutnya kepada CPNS yang baru akan segera melaksanakan tugas sesuai dengan formasi masing-masing nanti tanggal 1 April 2019,” imbuhnya.

Penyerahan SK CPNS terebut juga dihadiri Ketua Komisi 2 DPRD Kabupaten Banjarnegara mewakili pimpinan DPRD, Asisten Sekda Bidang Administrasi, Inspektur, Kepala Dindikpora, Kepala Dinkes, dan pimpinan Bank Jateng Cabang Banjarnegara. (mujiprast/dinkominfo_bna / ed DS).