DS –  Pameran buku merupakan langkah yang baik untuk mendorong masyarakat agar lebih mencitai buku. Buku diharapkan bisa menj

adi kebutuhan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Demikian Wakil Bupati Banjarnegara Syamsudin, Senin (25/03).

“Dengan mencintai buku maka buku akan menjadi sesuatu yang bernilai,” ujarnya saat membuka pameran buku di halaman Perpusda.

Wabup Banjarnegara Syamsudin tengah meninjau pameran buku di Perpusda

Pada kontekz ini perpustakaan memiliki peran penting dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satunya adalah membangun ekosistem masyarakat berpengetahuan dengan melakukan penguatan gerakan literasi untuk menghidupkan budaya membaca.

“Dengan perpustakaan yang bertrasformasi menjadi ruang terbuka bagi masyarakat, budaya literasi dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang harapannya akan berdampak terhadap terwujudnya kesejahteraan,” katanya.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Banjarnegara, Catur Subandrio mengatakan pameran dan pesta buku murah terlengkap 2019 dilaksanakan bekerjasama dengan penerbit buku Diva Press Yogyakarta. Event terbuka untuk umum dan akan dilaksanakan selama dua minggu dari 25 Maret-8 April 2019 di Halaman Depan Kantor Disarpus.

Kegiatan ini, kata Catur, dapat dijadikan momentum untuk mendorong dan meningkatkan minat baca masyarakat. Selain itu sebagai upaya meningkatkan budaya literasi masyarakat dengan memperbanyak membaca buku dan lebih banyak judul serta tema.

 

“Melalui moment pameran ini, kami juga mengajak masyarakat untuk lebih mengenal lebih jauh tentang Disarpus dengan berkunjung kesini,” katanya,

 

Ditambahkan, selain pameran dan bazar, ada beberapa rangkaian acara di dalamnya seperti sedekah buku untuk lima perpustakaan binaan Disarpus, wisata buku serta berbagai macam lomba untuk memeriahkannya. (amar/ ed DS)