DS – Tumbuhkan daya saing industri kecil menengah (IKM) di Kabupaten Banjarnegara mendapatkan bantuan dari pemerintah kabupaten melalui Dinas Perindagkop UKM. Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono di Sasana Karya Praja Setda Banjarnegara, Selasa, 26 Maret 2019.

Joi Setiawan S.Sos selaku Kepala Dinas Prindagkop UKM Kabupaten Banjarnegara mengatakan, bantuan ini diberikan dalam rangka meningkatkan daya saing produk industri kecil dan menengah yang ada di Kabupaten Banjarnegara.

Menurut Joi, diperlukan adanya legalitas produk serta kemasan produk yang menarik. Oleh karena itu pada kesempatan ini antara lain diserahkan fasilitasi sertifikat halal, bantuan kemasan, juga sertifikat One Village One Product (OVOP).

“Tujuannya untuk menumbuhkembangkan aktivitas ekonomi kerakyatan berbasis potensi daerah guna mendukung terwujudnya masyarakat Banjarnegara yang bermartabat dan Sejahtera,” kata Joi.

Disamping itu, lanjut joy, untuk meningkatkan daya saing produk industri kecil dan menengah yang ada di Kabupaten Banjarnegara.

“Tentu saja kami ingin memfasilitasi pelaku industri kecil dan menengah dengan sarana prasarana produksi serta legalitas produk, agar pelaku IKM merasa lebih mantap,” imbuh Joi.

Adapun penerima paket bantuan antara lain : mesin pengolah Batu untuk SMK HKTI Klampok, bantuan kemasan sekunder untuk 5 pengusaha masing-masing 100 dus meliputi Kecamatan Purwonegoro, Bawang, Banjarmangu, Wanadadi, dan Banjarnegara.

Sedangkan penyerahan sertifikat halal sebanyak 22 penerima masing-masing untuk pengusaha kecil dari Kecamatan Bawang pagedongan, Batur, Banjarmangu, Rakit, Punggelan, Purwanegara Banjarnegara dan Madukara.

Adapun sertifikat One Village One Product diperuntukkan untuk 2 pwmerima dari Keramik Klampok dan produk herbal Banjarmangu.

Sementara itu Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono dalam sambutannya mengatakan bahwa bantuan tersebut bukan segalanya tapi yang lebih penting adalah semangat perusahaan untuk pantang menyerah, kreatif, dan inovatif.

“Dengan adanya bantuan ini saya harapkan dapat menambah semangat bagi masyarakat pelaku IKM. Bantuan itu hanya stimulan. Mari kita kedepankan kemandirian untuk mengejar ketertinggalan,” pesan bupati.  (muji prasetyo/kominfo_ banjarnegara / ed DS ).