DS – Gerakan Koperasi harus bisa melakukan terobosan dan inovasi usaha. Kalau hanya mengandalkan usaha simpan pinjam saja maka gerakan koperasi di era persaingan bebas ini akan tenggelam. Hal ini karena lembaga keuangan perbankan menawarkan jasa pinjaman yang lebih ringan. Demikian disampaikan Wakil Bupati Banjarnegara yang sekaligus Ketua Dekopinda Kabupaten Banjarnegara, Syamsudin Jumat (29/03) saat Rapat Anggota Tahunan (RAT) KPRI Hesti Utama Tutup Buku Tahun 2018 di Sasana Bhakti Praja.

Oleh karena itu, Dia mendukung perlunya inovasi untuk gerakan koperasi.

“Koperasi harus menjadi organisasi yang dinamis yang tanggap akan persoalan dengan menangkap berbagai peluang yang ada,” katanya.

Pada kesempatan ini Wabup juga menyampaikan tentang nilai-nilai yang ada di dalam koperasi seperti kekeluargaan, gotong royong dan empati. Dia berharap kepada para insan koperasi untuk memahami nilai-nilai tersebut dalam mengelola koperasi, sehingga ketika ada persoalan dapat diselesaikan dan mencari jalan keluar bersama-sama.

Asisten Administrasi mewakili Sekda Kabupaten Banjarnegara selaku Pembina KPRI Hesti Utama Tien Sumarwati menyampaikan bahwa pada tutup buku tahun 2018, total Sisa Hasil Usaha (SHU) anggota menurun cukup signifikan. Dari sebelumnya Rp.44.934.919 menjadi 18.971.096. Hal tersebut dikarenakan banyaknya anggota yang tidak memanfaatkan jasa pinjaman dari koperasi.

“SHU pada tutup buku tahun 2018 mengalami penurunan hingga 57%,” katanya

Menanggapi hal yang demikian, dia berharap kesadaran para anggota koperasi untuk memanfaatkan fasilitasi dari KPRI Hesti Utama ini dengan sebaik-baiknya. Karena bagaimanapun juga sehat atau tidaknya sebuah koperasi tergantung peran aktif para anggotanya.

“Hasil pendapatan usaha akan kembali kepada anggota dalam bentuk SHU sesuai porsi dan kontribusinya,” ujarnya

Tien juga berharap, kedepan nanti KPRI Hesti Utama berani masuk ke sektor lain non simpan pinjam dengan menjalin kerja sama dengan badan usaha lain, sehingga tidak hanya tergantung pada kegiatan simpan pinjam saja. (amar / ed DS)