DS – Komisi Pemillihan Umum (KPU) Banjarnegara mentargetkan 77,5 persen partisispasi pemilih pada Pemilu serentak 2019. Oleh karena itu KPU melakukan berbagai langkah intensif dengan berbagai sosialisasi dan mendorong peningkatan kinerja relawan demokrasi. Tujuannya utamanya adalah mengajak masyarakat Banjarnegara untuk menggunakan hak pilihnya pada pelaksanaan Pemilu nanti dengan cara yang benar dan sebaik-baiknya.

“Masyarakat agar tidak tergoda dengan money politik yang dapat menciderai demokrasi” kata Ketua KPU Kabupaten Banjarnegara, Bambang Puji Prasetya, Minggu (31/03) di sela-sela acara Sosialisasi Pemilu 2019 di Stadion Kolopaking.

Kami mengharapkan warga Banjarnegara bisa menggunakan hak pilihnya dengan baik pada hari Rabu, 17 April 2019.  Dia mengajak warga negara yang sudah memiliki hak suara untuk menggunakan hak pilih sebaik-baiknya dengan cara datang ke TPS dan mencoblos dengan benar surat suara. Untuk itu, bagaimana mencoblos yang benar untuk dipahami agar suarat suara sah.

Bila bepergian, sedang tugas kantor hingga harus keluar kota, atau menunggu keluarga yang sakit, jangan lupa untuk membawa kartu A5 agar dapat memilih di TPS terdekat. Hubungilah KPPS dimana seharusnya kita memilih dan mintalah kartu A5.

“Ingat, suara kita menentukan nasib bangsa,” ujarnya.

Konser musik yang diselenggarakan Minggu pagi, kata Bambang, merupakan program KPU Banjarnegara untuk mensosisalisaikan Pemilu serentak 2019 kepada masyarakat. Selain itu, konser musik ini juga sebagai upaya mempererat kebersamaan warga Banjarnegara.

“Meskipun berbeda pilihan tetapi persatuan dan kesatuan harus tetap terjaga. NKRI harga mati,” pungkasnya

Pada konser musik ini selain penampilan band-band lokal Banjarnegara, juga menghadirkan penyanyi Wahyu Selow yang populer dengan single lagunya berirama reagae ‘Selow’.

 

Wakil Bupati Banjarnegara, Syamsudin menilai sosialisasi Pemilu dari KPU Kabupaten Banjarnegara merupakan langkah penting untuk membangun kesadaran dan meningkatkan partisispasi masyarakat. Sosialisasi penting untuk terus dilakukan agar masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya secara cerdas dan berdaulat. Pemilu serentak 2019 yang merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat dan puncak pesta demokrasi.

“Dengan adanya sosialisasi Pemilu, diharapkan masyarakat menjadi pemilih yang cerdas serta berdaulat agar terwujud negara yang kuat,” katanya.

 

Wabup juga berharap pelaksanaan Pemilu serentak 2019 di Banjarnegara bisa berjalan lancar, aman, tertib dan damai.  (*_amar / ed DS)