DS – Penyandang disabilitas tuna netra kini punya alat bantu coblos yang membantu mereka untuk berpartisipasi lebih baik lagi dalam Pemilu 2019. Alat bantu coblos ini dinamai Template. Untuk mengenalkannya KPU Banjarnegara menggelar sosialisasi kepada kaum disabilitas. Sosialisasi digelar bekerjasama dengan dua organisasi disabilitas tuna netra yang ada di Kabupaten Banjarnegara.

”Sosialisasi dilaksanakan bekerjasama dengan Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) dan Persatuan Tuna Netra Banjarnegara (Putrabara),” kata anggota KPU Banjarnegara Divisi Sosialisasi, M. Syarif SW, Senin (15/04) di kantornya.

Alat bantu coblos disediakan bagi tuna netra untuk memudahkan mereka  dalam mencoblos surat suara dalam pemilu 2019. Hal itu untuk menjamin kerahasiaan pilihan mereka karena mereka bisa mencoblos sendiri tanpa bantuan orang lain.

”Alat bantu coblos itu dilengkapi dengan huruf braile sehingga para penyandang tuna netra bisa membaca dan mengenali alat bantu coblos itu untuk apa. Namun demikian dalam penggunaannya mereka tetap harus dikenalkan dan dipandu cara penggunaannya,” imbuhnya.

 

Template dalam pemilu 2019 disediakan untuk surat suara pasangan calon presiden dan wakil presiden serta surat suara calon anggota DPD.

“Adapun untuk surat suara calon anggota DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten tidak disediakan” katanya.

Oleh karena itu, imbuhnya, untuk ketiga surat suara legislative tersebut para penyandang disabilitas tuna netra bisa didampingi oleh keluarga, suami atau istri yang dipercaya saat mencoblos.

 

Perwakilan Pertuni Banjarnegara, Sahid, menyampaikan terima kasih atas sosialisasi yang dilakukan KPU baik di awal tahapan pemilu maupun menjelang coblosan yakni dikenalkan spesimen surat suara dan template.

”Sosialisasi ini sangat berguna bagi kami. Terima kasih KPU Banjarnegara,” ucapnya.

 

Hal senada juga disampaikan perwakilan Putrabara, Harun. Menurutnya sosialisasi yang dilakukan KPU Banjarnegara sangat berarti bagi kaum disabilitas tuna netra meski belum semua penyandang disabilitas mampu menggunakan template. (*_ ek / ed DS)