DU – 28.191 siswa di Banjarnegara Senin (22/04) menjalani hari pertama masa ujian nasional. Mereka terdiri dari 12.060 siswa SD dan 3.146 siswa MI yang tengah menjalani Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). dan pada waktu yang sama 12.985 siswa SMP/MTS menjalani juga tengah menjalani Ujian Nasional (UN).

“Untuk tingkat SD/MI jumlah penyelenggaranya ada 823 sekolah, yakni 623 SD dan 200 MI. Sedangkan untuk jenjang SMP/MTs, sekolah penyelenggara sebanyak 142 unit, terdiri atas 80 SMP Negeri, 22 SMP Swasta dan 40 MTs” kata Kepala Dindikpora, Noor Tamami, di sela-sela mendampingi Bupati sidak USBN di SMP N 1 Banjarnegara.

 

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, saat sidak menyampaikan pada panitia, petugas dan pengawas ujian agar melayani dan mengawasi siswa-siswi peserta ujian dengan sebaik-baiknya. Dia minta panitia awas betul barangkali ada siswa yang sakit atau membutuhkan pertolongan kesehatan lainnya.

“Panitia juga harus tanggap mengatasi gangguan dari lingkungan di luar sekolah seperti suara bising yang bisa mengganggu jalannya ujian,” imbuhnya.

 

Hal lain yang ingin Dia tekankan adalah semua pihak harus menjunjung tinggi sportivitas dan kejujuran dalam ujian, peneyelenggara maupun utamanya siswa.

“Saya optimistis, pelajar Banjarnegara adalah generasi sportif yang menjunjung tinggi kejujuran” ujarnya (Mujipras / ed DS)