DS –  Kurang lebih 20% lagi dari jumlah total 3.167 TPS proses pengunggahan data pindai formulir C1 Pemilu 2019 dapat diselesaikan KPU Banjarnegara. Hingga Selasa (23/4), C1 Pilpres yang sudah terunggah ke Sistem Penghitungan (Situng) Pemilu 2019 mencapai 80 persen. Sedangkan untuk C1 Pileg masih di bawah 60 persen.

 

Komisioner KPU Banjarnegara Uswatun Hasanah mengatakan, proses pindai dan entri data C1 dilakukan sejak tanggal 18 April lalu. Sesuai imbauan dari KPU RI, pindai dan input data diprioritaskan untuk C1 pilpres.

“Tapi, untuk C1 pileg tetap kami lakukan untuk transparansi publik,” katanya.

 

Menurutnya, tahapan penghitungan C1 dilakukan melalui pemindaian C1 kemudian diinput dan diunggah ke Situng. Sebelum diunggah ke Situng, data tersebut dilakukan verifikasi oleh KPU. Namun, kendala yang dihadapi yakni server KPU RI kerap melambat sehingga proses pengunggahan data kerap terhambat.

“Kecepatan pengunggahan ini di luar kendali kami karena berhubungan dengan server,” ujarnya.

 

Sembari melakukan tahapan pemindaian dan input data, lanjutnya, pihaknya terus memantau kecepatan server KPU RI. Saat server sedang lancar, langsung dilakukan verifikasi dan finalisasi sebelum diunggah ke Situng.

 

Uswatun menjelaskan, proses pemindaian dan pengunggahan C1 melibatkan 20 tenaga operator serta dan komisioner dan staf KPU Banjarnegara. Pihaknya optimistis, proses tersebut akan berjalan sesuai jadwal.

 

Hingga kemarin, sudah ada 4 PPK yang sudah menyelesaikan proses rekapitulasi dan mengirimkan kotak suara yang berisi DA1 untuk pilpres, DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten. Sedangkan untuk rekapitulasi di tingkat kabupaten akan dilaksanakan 3-4 Mei.

“Rencana kami, satu hari untuk rekapitulasi 10 kecamatan,”tandasnya. (**_ DS)