DS – Raden Ajeng (RA) Kartini dikenal sebagai pahlawan kaum perempuan Indonesia dan perintis emansipasipasi bagi kaumnya. Pada masanya, Dia menuntut kaum perempuan memperoleh hak untuk belajar sebagaimana kaum lelaki. Meski sikapnya ini mendapat tantangan dari lingkungan sekitar, termasuk keluarganya namun Kartini kukuh memperjuangkannya.

Perjuangan gigihnya menuntut emansipasi bagi kaumnya ini telah menginspirasi perjuangan perempuan Indonesia hingga masa kini saat kaum perempuan memperoleh hak yang lebih besar untuk berbagai hal di kehidupan, termasuk pilihan akan profesi. Sebagai penghargaan atas perjuangannya, Pemerintah Indonesia menetapkan RA Kartini sebagai Pahlawan Nasional, dimana hari lahirnya tanggal 21 April ditetapkan sebagai Hari Kartini.

Di dalam rangka memperingati hari Kartini, Selasa (23/04), TK Pertiwi Dharma Wanita Persatuan (DWP) Setda menyelenggarakan sejumlah kegiatan untuk memperingatinya, diantaranya adalah mengundang sosok perempuan inspiratif yang memiliki profesi cukup yang jarang dipiilih kaum perempuan.

Kehadiran mereka, selain bercerita memotivasi anak dengan kisah hidupnya, anak-anak dapat berinteraksi langsung dengan cara berkenalan, berbagi cerita,  dan dapat belajar langsung dari pelakunya. Demikian jelas Kepala Sekolah TK Pertiwi DWP Setda Kabupaten Banjarnegara, Titi Agustinah, di sela-sela kegiatan.

“Kami mengundang Bripka Galuh seorang Polwan dan Siti Aminah seorang juru parkir. Mereka adalah bukti perjuangan dari RA Kartini bahwa saat ini wanita juga bisa menggeluti profesi yang biasanya dilakukan oleh laki-laki,” katanya

 

Pawai Karnaval di seputaran TK Pertiwi Banjarnegara diikuti oleh anak didik, Guru, dan Wali Murid

 

Tujuan diselenggarakannya peringatan Hari Kartini adalah untuk lebih mengenalkan tokoh pejuang wanita Indonesia, RA Kartini kepada anak didik. Titi ingin agar anak-anak bisa mengetahui sejarah perjuangan serta meneladani sosok dan semangat Kartini, seperti rajin belajar, menghormati orang tua, memiliki rasa empati dan semangat untuk berbuat baik.

“Kami ingin agar anak-anak memiliki cita-cita yang tinggi seperti yang diinginkan oleh RA Kartini dalam perjuangannya. Mereka adalah sosok Kartini masa depan, generasi penerus bangsa,” ujarnya.

Untuk menyemarakan peringatan Hari Kartini kali ini TK Pertiwi Kabupaten Banjarnegara juga melakukan pawai. Guru, murid dan orang tua murid berjalan kaki berkeliling area kota Banjarnegara dengan memakai pakaian adat. (**_amar / ed DS)