DS – Dewan Penggalang Gugus Depan 05-201 dan 05-202 yang berada di Pangkalan SMP Negeri 1 Bawang Banjarnegara praktek membuat film dengan menggunakan Handphone. Materinya pembuatan film pendek yang berdurasi 3 – 5 menit. Kegiatan yang direncanakan berlangsung dua hari dimulai Rabu (24/04) dan diikuti oleh 50 peserta.

“Pembuatan film dengan menggunakan fasilitas movie maker yang ada di HP ini selain untuk memaksimalkan fasilitas HP juga sebagai sarana untuk mengekpresikan bakat para adik-adik di dunia entertaint,” kata Pembina Pramuka Tjatur Budijantoro, Rabu (24/04) di sela-sela kegiatan.

Lebih lanjut disampaikan, praktek pembuatan film ini dilaksanakan untuk mengisi waktu libur siswa selama empat hari dari tanggal 22  – 25 April 2019. Siswa diliburkan karena sekolah tengah digunakan untuk pelaksanaan UNBK (ujian nasional berbasis komputer) Kelas IX.  Selain itu, praktek pembuatan film ini juga dimaksudkan untuk memberikan ruang mengekspresikan bakat dan minat peserta didik di dunia entertainment.

Adapun tema utama film adalah Dasa Dharma. Sesuai namanya, Dasa Dharma mengartikan sepuluh nilai mulia yang menjadi pedoman anggota Pramuka dalam berperilaku di kehidupan sehari-hari.

Salah seorang peserta, Bunga Santika Sari, Kelas VIII (delapan) mengaku senang dengan praktek pembuatan film yang diikutinya ini, sebab Dia bersama teman-teman bisa langsung terjun dan tahu bagaimana cara membuat film.

“Senang sekali, bisa tahu cara membuat film,“ katanya. (mujipras / ed DS)