DS – Ada anggapan kuat di tengah masyarakat urusan Ber-Keluarga Berencana (KB) adalah urusannya kaum perempuan. Hal ini didasari pendapat karena yang hamil itu kaum perempuan. Berpijak pada perkembangan program KB, nampaknya anggapan ini semestinya sudah berubah. Ini karena pemerintah melalui program KB telah menyediakan alat kontrasepsi bagi laki-laki yaitu Kondom dan metode vasektomi.

“Perempuan hamil juga karena laki-laki, karena itu sudah semestinya urusan ber-KB bukan hanya monopoli urusannya kaum perempuan. Ini karena urusan kesejahteraan keluarga menjadi urusan bersama pasangan suami-istri. Laki-laki pun berkesempatan besar untuk berpartisipasi dalam program KB dengan adanya alat kontrasepsi bagi mereka” kata Sekretaris Dispermades PPKB, Fajar Nidaul Sarifah, Rabu (24/04) saat membuka Sosialisasi Motivator KB Pria di Sasana Abdi Graha Lt III Setda.

Namun di lapangan realitasnya menunjukkan ketimpangan yang tinggi dalam hal partisipasi ber KB antara laki-laki dan perempuan. Salah satu indikatornya, data penggunaan alat kontrasepsi sampai dengan bulan Februari 2019 menunjukkan bahwa partisipasi kaum perempuan mencapai angka 99,97%, jauh lebih tinggi dibanding partisipasi laki-laki yang hanya 0,03%.

Oleh karena itulah kegiatan Sosialisasi Motivator KB ini menjadi bagian penting dari upaya penyelenggaraan program KB. Sebab keberhasilan program KB tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, tetapi menjadi tugas dan tanggung jawab bersama pemerintah bersama komponen masyarakat.

“Sosialisasi ini membuktikan bahwa peran lintas sektor yaitu Babinsa, Babinkamtibmas, tokoh agama, PKB/PLKB sangat penting sebagai motivator untuk dapat menggerakan kaum laki-laki agar mau serta mampu melaksanakan Program KB” katanya.

Ketua Panitia Sosialisasi, Kabid KB pada Dispermades PPKB, Sri Yuniarti mengatakan kegiatan ini diikuti 95 peserta terdiri dari Kodim, Babinsa, Polres, Babinkamtibmas, Penyuluh Keluarga Berencana (PKB)/Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Kecamatan, Motivator KB Kecamatan, dan Tokoh Agama.  Kegiatan dilaksanakan sehari dengan narasumber Pasiter Kodim 0704 Kapten Suharsana, Kabag Bina Mitra Polres Banjarnegara AKP Rusmiyati, dan Kabid KB.

Tujuan meningkatkan komitmen dan peran serta stake holder TNI, Polri, Tokoh Agama serta motivator dalam mendukung operasional Program Kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga (KKBPK),.

“Harapannya sosialisasi ini dapat meningkatkan kemitraaan dengan TNI, Polri, tokoh agama serta motivator KB sehingga dapat meningkatkan capaian Progaram KKBPK, khususnya KB Pria” katanya. (**_eKo/DS)