DS – Dicari sosok duta Generasi Berencana (Genre) dari kalangan remaja usia 15 – 24 tahun. Duta genre yang terpilih nantinya diharapkan menjadi penyambung pesan Pemerintah dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dispermades PPKB) kepada generasi muda agar memiliki pemahaman yang baik tentang keluarga berencana, kependudukan, dan pembangunan keluarga.

“Pilihan pada generasi muda sebagai duta genre karena mereka merupakan masa depan Indonesia. Selain itu tentunya, bila yang menyampaikan remaja akan lebih efektif dan komunikatif karena mereka berbicara dengan kalangan mereka sendiri” kata Kepala Dispermades PPKB, Agus Kusuma, Senin (29/04) di sela-sela kegiatan pemilihan Duta Gendre di Pendopo Dipayudha Adigraha.

Selain itu, pemilihan Duta genre ini merupakan upaya untuk meningkatkan promosi dan pengembangan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) remaja sebagai wadah pelayanan informasi dan konseling seputar permasalahan remaja.

“Duta genre akan bertindak selalu movitator di lingkungan sekolah dan lingkungan pergaulannya karena itu butuh remaja pilihan dengan pengetahuan, bakat seni, dan kemampuan komunikasi yang baik” katanya.

Lebih lanjut disampaikan, posisi remaja dalam demografi kependudukan menempati fase yang istimewa. Hal ini karena jumlahnya yang besar. Bila dikelola dengan baik, kata Agus, kelompok remaja merupakan potensi yang positif bagi pembangunan. Namun di sisi lain, imbuhnya, remaja juga rentan dengan berbagai permasalahan seperti nikah muda, perilaku seks pra nikah, penyalahgunaan napza, penularan HIV/AIDS serta penyakit menular seksual lainnya.

“Harapannya duta genre akan dapat memberikan nilai lebih dalam pelaksanaan sosialisasi dan promo program genre pada kalangan remaja karena pada dasarnya pendekatan duta genre adalah dari, oleh, dan untuk remaja” katanya.

Ketua Pelaksana kegiatan, Kabid KB pada Dispermades PPKB, Sri Yuniarti mengatakan kegiatan pemilihan duta genre dilaksanakan dalam dua tahap. Seleksi tahap pertama dilaksanakan Selasa 23 April 2019 di Aula Dispermades PPKB. Peserta diuji kemampuan untuk melakukan sosialisasi.

“Seleksi tahap pertama dikuti 49 peseta putra putri perwakilan dari sekolah dan kecamatan. Dari seleksi tahap I ini lolos 30 peserta yang terdiri dari 15 putra dan 15 putri” katanya.

 

penampilan peserta dari SMK Darunnajah, Banjarmangu dalam lomba duta genre ajang bakat dan seni

 

Seleksi tahap kedua dilaksanakan pada hari Senin (26/04) berupa ajang penampilan bakat dan seni yang dilaksanakan di Pendopo Dipayudha Adigraha. Tes dan seleksi dinilai oleh dua orang Juri dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta Duta Genre pada tahun sebelumnya. Tahap ini, kata Yuni, akan menghasilkan 10 orang peserta putra dan putri dilanjutkan dengan Tes wawancara yang memilih 6 orang juara terdiri dari 3 orang putra dan 3 orang putri.

Ditambahkan Yuni, untuk masing-masing kategori kejuaraan putra dan putri diambilkan tiga pemenang. Juara 1, juara 2 dan juara 3. Masing-masing juara berhak memperolah hadiah berupa piala, piagam, dan uang pembinaan. Dan kejuaraan Duta Genre ini berjentang dari seleksi di Kabupaten, Provinsi, hingga Pusat. Tahun 2018 kemarin wakil Banjarnegara dapat meraih juara 2 tingkat provinsi.

“Seperti halnya lomba tahun sebelumnya, juara 1 putra dan putri berkesempatan untuk mengikuti seleksi di tingkat provinsi yang rencanananya akan dilaksanakan pada bulan Juni 2019. Bila beruntung, bisa berlanjut hingga tingkat nasional” katanya. (*_eKo / ed DS)