DS – Dalam memperjuangkan emansipasi bagi kaum perempuan, RA Kartini tidak hanya menuntut kebebasan dan kesetaraan perempuan dengan laki-laki saja, tetapi dia juga ingin agar perempuan mampu menempatkan diri sesuai kodratnya. Meskipun sekarang perempuan bisa mendapatkan hak meraih pendidikan yang tinggi serta berkiprah di berbagai bidang dan profesi, hal tersebut jangan hanya diartikan sebagai bentuk kebebasan semata.

 

“Kebebasaan yang ada hendaknya tidak menjadikan kaum perempuan lupa diri. Perempuan juga harus mampu membina rumah tangga dan mendidik anak-anaknya,” Kata Wakil Bupati Banjarnegara, Syamsudin saat memberikan sambutan di acara Resepsi Peringatan Hari Kartini ke 140 yang diselenggarakan oleh Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Banjarnegara di Gedung PGRI, Senin (29/4)

 

Wabup berharap melalui peringatan Hari Kartini yang dilakukan setiap tahun, akan tertanam keteladanan sikap serta semangat Kartini. Sehingga nanti akan akan muncul perempuan-perempuan tangguh dan bersama kaum laki-laki mampu membentuk keluarga yang handal, membangun masyarakat, bangsa dan negara.

 

Ketua GOW Kabupaten Banjarnegara, Sundari menyampaikan bahwa peringatan Hari Kartini yang diselenggarakannya merupakan salah satu upaya dalam menanamkan rasa nasionalisme dan patriotisme dengan mengenang sejarah dan perjuangan RA Kartini. Dia berkeinginan agar apa yang telah dilakukan oleh Kartini tetap hidup melalui semangat dan cita-citanya yang menjadi teladan bagi kaum perempuan saat ini.

 

Pada kesempatan ini, GOW Kabupaten Banjarnegara juga memberikan bantuan berupa 24 paket sembako kepada 24 orang perwakilan organisasi wanita di Banjarnegara yang membutuhkan.

 

“Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kita terhadap sesama,” ujarnya (amar)