DS – Hadirnya Revolusi Industri 4.0 telah mempengaruhi cara hidup, bekerja dan belajar. Perkembangan teknologi yang semakin canggih dapat mempengaruhi cara berpikir, berperilaku dan berkarakter peserta didik. Demikian disampaikan Wakil Bupati Banjarnegara Syamsudin, Kamis (02/05) membacakan sambutan Menteri Pendidikan pada upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di alun-alun Banjarnegara.

 

Lebih lanjut disampaikan, saat ini peserta didik didominasi generasi yang terlahir di era digital. Mereka lebih mudah dan cepat menyerap teknologi terbaru. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh sekolah dan para guru untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya Indonesia melalui tri pusat pendidikan, keluarga, sekolah dan masyarakat. Ketiga pusat pendidikan tersebut, kata Syamsudin,  harus saling mendukung dan menguatkan peserta didik di era milleneal ini.

 

“Perserta didik harus memiliki karakter dan jati diri bangsa di tengah perubahan global yang bergerak cepat,” tandasnya

 

Selain itu, sambungnya, untuk mewujudkan Indonesia yang berkemajuan dibutuhkan profesionalitas kinerja segenap pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan dari tingkat pusat hingga daerah.

 

Pembangunan sumber daya manusia dalam perspektif Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia, kata Syamsudin, menekankan pada dua penguatan. Pertama adalah pendidikan karakter yang bertujuan membentuk manusia yang berakhlak mulia dan berbudi pekerti yang luhur. Selanjutnya adalah penyiapan generasi terdidik yang terampil serta cakap dalam memasuki dunia kerja.

 

“Melalui momentum Hari Pendidikan Nasional ini, marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pada pembangunan sumber daya manusia yang dilandasi karakter yang kuat serta keterampilan dan kecakapan yang tinggi,” katanya

 

Dengan dua penguatan itu diharapkan peserta didik mampu menjawab perkembangan zaman yang semakin kompetitif, imbuhnya.

Wakil Bupati Banjarnegara Syamsudin berpose bersama siswa-siswi SD peraih kejuaraan di berbagai lomba

Pada kesempatan ini, diserahkan penghargaan pada perserta didik yang telah berprestasi di berbagai event lomba tingkat daerah, provinsi, maupun nasional. Penyerahan dilakukan Wabup Syamsudin dan tamu udangan lainnya. (*_amar / ed DS)