DS – Di dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadhan, warga desa Petambakan, Kecamatan Madukara menyelenggarakan tarhib Ramadhan 1440 H. Kegiatan diawali dengan apel bersama di lapangan desa Petambakan dilanjutkan dengan pawai Ta’aruf keliling desa. Pada baris pertama marching band, diikuti barisan Taman Pendidikan Al Qu’ran se Desa Petambakan, dan pada barisan penutup group Kenthongan.

“Pawai Ta’aruf berlangsung meriah dan penuh keriangan. Warga desa menyambutnya di tiap jalan yang dilewati. Tidak lupa, anak-anak TPQ juga membawa baner dan leaflet bertuliskan ajakan untuk menghormati bulan Ramadhan” kata Pembina TPQ, Khoirul Umam, Rabu (01/05).

 

Kepala Desa Heri Setya Pranadi menyerahkan bantuan operasional kegiatan pawai Ta’aruf kepada masing-masing TPQ di Desa Petambakan, Madukara, Banjarnegara

 

Tarhib Ramadhan diikuti oleh tujuh TPQ yang ada di desa Petambakan. Kegiatan pawai ta’aruf diakhiri di Balai Desa dilanjutkan pentas seni.

“Di kegiatan ini, Desa memberikan bantuan operasional kegiatanpawai ta’aruf  pada masing-masing TPQ sebesar Rp 250 ribu” katanya.

Kegiatan siang hari ini dilanjutkan tasyakuran di Balai Desa pada malam harinya. Pada kesempatan ini, Kepala Desa memberikan bantuan operasional untuk masing-masing TPQ sebesar Rp 750 ribu.

Kepala Desa Petambakan, Heri Setyo Pranadi mengatakan Pemerintah Desa menyambut baik upaya masyarakat menyelenggarakan pendidikan TPQ. Apalagi di era digital ini, saat perhatian anak banyak tersita oleh gadget modern. Pendidikan agama tidak cukup diserahkan pada sekolah, sebab selain rumah, dan sekolah, ada aspek lingkungan yang berpengaruh penting dalam pengembangan anak.

“Menyadari kedudukan TPQ dalam pembinaan akhlak qur’ani maka desa mengalokasikan anggaran khusus untuk pembinaan. Tidak masalah berapa besarnya, namun saya kira perhatian desa ini menunjukan dukungan nyata desa terhadap upaya pembinaan akhlaq masyarakat yang Islami” katanya. (**_eKo / ed DS)