DS – Rapat Pleno Terbuka KPU rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 untuk Kabupaten Banjarnegara digelar Jumat (03/05) – Sabtu (04/05) di Rejasa Room Surya Yudha Park. Pihak KPU memperkirakan waktu dua hari cukup untuk menyelesaikan perhitungan suara dari 20 Kecamatan yang ada di Banjarnegara. Lagipula di wilayah Banjarnegara tidak ada permasalahan krusial yang muncul selama pelaksanaan pencoblosan yang baru lalu.

Ketua KPU Banjarnegara Bambang Puji Prasetya, Jumat (03/05) mengatakan teknisnya rekapitulasi dibagi dalam dua hari pelaksanaan. Dua puluh kecamatan dibagi dua sama jumlah. Hari pertama 10 kecamatan wilayah bawah dan besok, 10 kecamatan wilayah atas

“Ke sepuluh kecamatan yang hari ini melaksanakan rekapitulasi adalah Kecamatan Susukan, Purwareja Klampok, Mandiraja, Purwonegoro, Bawang, Wanadadi, Banjarmangu, Banjarnegara, Madukara, dan Sigaluh” katanya.

 

Ketua KPU membuka kotak suara di hadapan hadirin disaksikan komisioner KPU, Komisioner Bawaslu, dan saksi-saksi lainnya

 

Penghitungan diawali dari kartu suara presiden dilanjutkan dengan kartu suara legislatif. Secara berurutan penghitungan dimulai dari kecamatan Susukan kemudian bergeser ke kecamatan sebelah timurnya, dan seterusnya sampai kuota hari ini selesai.

Untuk acara ini, kata Bambang, pihaknya mengundang saksi-saksi dari paslon 01 dan paslon 02 serta dari partai kontestan.

“Undangan untuk 4 orang saksi” katanya.

Sekretaris KPU Agus Karyo menambahkan hadir pada kesempatan ini 5 komisioner KPU komposisi lengkap, Komisioner Bawaslu komposisi lengkap, PPK 10 kecamatan yang wilayahnya mendapat giliran hari pertama, Kapolres, Asissten II Bidang Kesra dan Perekonomian, OPD, saksi-saksi dari kontestan Pemilu 2019, dan undangan. Rekapitulasi diawali dengan pembukaan kotak suara  kecamatan yang akan dihitung dimana kotak dalam terkadaan terkunci oleh komisioner KPU disaksikan Bawaslu dan saksi-saksi di hadapan undangan.

“Ketua KPU kemudian mengambil amplop surat suara yang juga masih dalam tertutup untuk dibuka dan diserahkan kepada PPK Kecamatan untuk dilakukan perhitungan secara terbuka” katanya.

 

Untuk selanjutnya, kotak suara Kecamatan yang masih terkunci diletakan di hadapan hadirin yang selanjutnya dibuka oleh Ketua KPU serta menyerahkan amplop yang masih tertutup kepada PPK Kecamatan untuk dibacakan dan dihitung perolehan suara kontestan. Pelaksanaan rapat pleno dikawal oleh satuan pengamanan terbukan dan tertutup oleh Polres Banjarnegara.

Berdasar data per tanggal 11 Desember 201, kata Agus, jumlah DPT pemilih ada 784.170 orang. Sementara dalam pemilu serentak ini ada lima pilihan atau lima kali pencoblosan yaitu pemilihan anggota DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, dan anggota DPD ditambah Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

“Diperkirakan rekapitulasi ini akan berlangsung hingga tengah malam. Ini karena di Banjarnegara ada 20 Kecamatan dengan 278 Kelurahan dan Desa. Apalagi yang harus dihitung ada 5 kartu suara” katanya. (**_eKo / ed DS)