DS – Setiap bulan Ramadhan, apalagi mendekati hari raya, masyarakat seringkali dihantui issue akan dua hal, yaitu naiknya harga barang kebutuhan pokok dan kelangkaan LPG. Menurut Sekda Kabupaten Banjarnegara, Indarto, Issue tersebut tidak sepenuhnya benar.

Kenaikan harga, sambungnya, mungkin benar adanya karena pengalaman setiap menjelang hari Raya, barang-barang kebutuhan pokok biasanya mengalami kenaikan. Sedangkan kelangkaan LPG, dipastikan ini hanya issue sesat yang meresahkan warga.

“Pemerintah senantiasa memantau harga-harga kebutuhan pokok di pasaran dan juga ketersediaan LPG di tengah masyarakat. Apabila terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok pemerintah akan berupaya menstabilkan harga ataupun mengendalikan agar kenaikan harga tersebut masih terkontrol” kata Sekda Indarto, Rabu (15/05) di hadapan jamaah Tarling Forkompinda di Masjid Al Fatah, Desa Lemahjaya, Kecamatan Wanadadi.

Berkait dengan ketersediaan LPG di bulan Ramadhan, pemerintah telah mengantisipasinya dengan menambah ketersediaan tabung LPG di pasaran. Bila stock regular jumlah LPG di pasaran 20 ribu per harinya, khusus di bulan puasa ini jumlahnya ditingkatkan menjadi 21 ribu tabung LPG setiap harinya..

“Jumlah ini cukup untuk persediaan selama bulan Ramadhan di seluruh wilayah Kabupaten Banjarnegara. Jadi kalau ada kabar kelangkaan LPG itu hoax” katanya.

Bagi Kades, Camat beserta aparatnya, imbuh Indarto, bila dijumpai laporan atau informasi kelangkaan LPG di wilayahnya segera laporkan ke pemerintah Kabupaten.

Selain masalah tersebut, Sekda juga menyinggung perihal pelaksanaan Pilpres 2019 yang telah selesai. Dia menghimbau untuk hasilnya diserahkan saja ke KPU dan tinggal menunggu hasilnya dengan arif dan bijak.

 

Sekretaris Daerah Drs. Indarto, M. Si, saat mengenalkan anggota Tim Tarling Forkompinda

 

Sekda juga menyinggung perihal persiapan Pilkades serentak tanggal 31 Juli mendatang di wilayah Kecamatan Wanadadi. Hal ini karena 10 dari 11 desa di Kecamatan Wanadadi akan melaksanakan pilkades serentak, termasuk desa Lemahjaya. Tentu ini pekerjaan besar dan serius. Namun dirinya yakin, semua dapat dilaksanakan dengan baik.

“Harapan kami, pilkades serentak berjalan lancar, aman, dan damai” katanya.

Di akhir sambutan, Sekda mengenalkan sejumlah rombongan OPD dan BUMD yang menyertai rombongannya. Sejumlah bantuan berupa uang Rp 2 juta dari Baznas, Al Qur’an dari Kemenag, dan sarung serta mukena dari Bank Jateng diserahkan ke Takmir Masjid Al Fatah. Pemateri Tarling Nourma Ali Ridwan menyampaikan tema 5 hal yang dapat menggugurkan pahala puasa.

Terpisah, Koordinator LPG 3 Kg, Supono, menyampaikan dalam menghadapi Ramadhan 1440 H pihaknya telah menambah volume edar tabung LPG dari 20 ribu menjadi  21 tabung per harinya. Sehingga total penambahan tabung LPG 3 Kg selama bulan Ramadhan 29.120 tabung.

“Jumlah ini setara dengan 52 truck dikaikan 560 tabung LPG muatannya. Semua tabung tersebut dibagi rata ke 946 pangkalan yang ada di 278 Kelurahan dan desa di wilayah Kabupaten Banjarnegara” katanya.

Secara teknis, kenaikan jumlah tabung LPG dilaksanakan mulai tanggal 4 – 31 Mei 2019.

“Sementara untuk ketersediaan jelang dan selama hari raya menunggu koordinasi selanjutnya” katanya. (*_eKo / ed DS)