DS – Lonjakan wisatawan di Dieng selama libur lebaran 1440 H diperkirakan akan meningkat dibanding tahun sebelumnya. Karena itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinbudpar) Senin (20/05) menggelar rapat koordinasi pengamanan pekan lebaran obyek wisata Dieng, di Ruang Rapat Disparbud. Rakor ditujukan agar Disparbud dapat memperikan pelayanan prima pada wisatawan. Hadir pada rapat ini Lantas Polres Banjarnegara, perwakilan Koramil, Polsek Kecamatan Batur, dan segenap Pejabat Struktural di lingkungan Disparbud. Demikian Kepala Dinbudpar, Dwi Suryanto, Selasa (21/05) di kantornya.

 

Hampir pasti, setiap cuti lebaran dan adanya libur panjang Obyek Wisata Dataran Tinggi Dieng akan mengalami lonjakan kunjungan wisatawan. Karena itu diperlukan berbagai antisipasi salah satunya adalah maksimalisasi rekayasa Lalu Lintas. Lalu lintas yang lancar, kata Dwi, akan memberi rasa nyaman dan rasa aman wisatawan.

“Untuk mendukung hal tersebut kami akan melibatkan personil keamanan kurang lebih 133 orang meliputi TNI, POLRI, BPCB, Pam Swakarsa (Banser dan Tengker) juga tenaga medis” katanya.

 

Lebih lanjut disampaikan Dwi, untuk mendukung pengamanan wisatawan, dibangun pos pengamanan di sejumlah obyek wisata. Rencana penempatannya di Komplek Candi Arjuna, Kawah Sikidang, Musium Kailasa, Telaga Merdada, Sumur Jalatunda, Kawah Candradimuka, Candi Gatotkaca, dan Candi Setiaki.

“Tempat parkir yang dipersiapkan cukup memadai antara lain di terminal Aswatama, Lapangan parkir Candi Arjuna, Komplek Soeharto Withlam, Musium Kailasa dan Komplek Kawah Sikidang” katanya.

 

Terpisah, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Obyek Wisata Dieng Banjarnegara, Aryadi Darwanto mengatakan, biasanya pada masa libur lebaran terjadi lonjakan pengunjung yang sangat signifikan pada H+3. Pada libur lebaran 2018 lalu, pengunjung mencapai 94ribu orang. Tahun ini diperkirakan mencapai 100 ribu pengunjung selama pekan lebaran.

“Merujuk pada pengalaman lebaran tahun sebelumnya, puncak kunjungan wisatawan biasanya terjadi pada 5-10 hari setelah Hari Lebaran Idul Fitri” katanya.

 

Dia menghimbau, mengingat kepadatan obyek wisata saat libur lebaran maka bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke berbagai objek Wisata Dieng untuk mengatur perjalanan wisatanya dengan baik dan cermat. Ini agar perjalanan wisatanya efektif dan semua obyek dapat dikunjungi dengan baik pula.

“Adapun dari puluhan obyek wisata di Dieng yang menjadi destinasi idola bagi wisatawan adalah komplek Candi Arjuna, Kawah Sikidang, Musium Kailasa, telaga Warna dan Sumur Jalatunda” katanya. (Dien’s-1 /ed DS)