DS – Aparatur Sipil Negara (ASN) wajib mengikuti upacara Hari Kesaktian (Harsak) Pancasila pada Sabtu tanggal 1 Juni mendatang. Kewajiban ini merupakan instruksi dari pusat dan juga karena 1 Juni merupakan hari Nasional.

“Bagi mereka yang ada di luar kota karena tugas, wajib ikut upacara dimana dia berada, dan melaporkan keikutsertaanya tersebut yang telah direkomendasi  oleh pimpinan OPD, dinas atau instansi setempat kepada pimpinannya” kata Sekretaris Daerah, Indarto, Rabu (29/05) saat bertindak selaku pembina apel pagi di halaman Kantor Bupati.

 

Pada Sabtu besok, upacara tingkat Kabupaten akan dilaksanakan di halaman kantor Bupati. Sementara yang lain OPD, Dinas, Instansi, Kecamatan melaksanakan di tempat masing-masing.

“Untuk keseragaman, seragam pada upacara Harsak Pancasila, PNS mengenakan seragam KORPRI, sedangkan PTT dan THL memakai baju batik dan yang lainnya menyesuaikan” imbuhnya.

 

Indarto juga mengingatkan jajaran ASN untuk segera menyelesaikan semua beban pekerjaan yang mendesak untuk segera dirampungkan, mengingat pekan depan sudah libur hari raya. Salah satunya untuk menghindari kesulitan koordinasi mengingat libur panjang hari raya lamanya satu pekan lebih.

Indarto juga mengingatkan pada semua ASN sebelum memasuki libur panjang untuk mengontrol peralatan kerja kantor yang berhubungan dengan listrik.

“Matikan AC, matikan computer, dan alat elektronik lain. Ini untuk keamanan agar terhindar dari bencana kebakaran yang diakibatkan karena konsletting listrik. Selain itu juga untuk mengurangi pemakaian listrik yang tidak perlu” katanya.

Dan jangan lupa, sambungnya, jangan menyimpan barang berharga di kantor. Apalagi uang dalam jumlah yang besar.

“Untuk berjaga-jaga saja. Sebab ASN memasuki libur panjang. Baiknya jangan menyimpan barang-barang berharga di kantor” katanya.

 

Kabag Organisasi Sekretariat Daerah, Widianti Titi Pratiwi menambahkan ASN Kabupaten Banjarnegara melaksanakan libur panjang kurang lebih sepekan. Hitungannya, Libur Hari Raya Idul Fitri sesuai kalender nasional dilaksanakan tanggal 5 – 6 Juni. Libur ini ditambah cuti bersama selama 3 hari. Sementara hari Sabtu memang libur karena lima hari kerja.

“Jadi hak libur ASN 1 pekan. Libur hari raya 2 hari, ditambah 3 hari cuti bersama tanggal 3, 4, dan 7 Juni. Dan kembali masuk kerja Senin tanggal 10 Juni 2019” katanya. (*_DS / eKo)