DS – Bupati Budhi Sarwono – Wakil Bupati Banjarnegara mengawali hari pertama kerja Senin (10/06) dengan menyelenggarakan halal bi halal dengan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup perkantoran Sekretariat Daerah dan sekitarnya. Halal bi halal diawali salam-salaman Sekda dan jajaran pimpinan pemerintahan ke Bupati – Wakil Bupati yang diikuti para ASN. Saking banyaknya, antrian ASN mengular sampai memnuhi halaman kantor.

 

Sebelumnya, dalam apel pagi yang diselenggarakan mendahului halal bi halal,  Wakil Bupati Syamsudin mengingatkan para ASN untuk tidak menjadikan puasa di bulan Ramadhan yang telah dilaksanakan menjadi ritual ibadah semata, tetapi harus ada perubahan perilaku ke arah yang lebih baik setelahnya. Perubahan perilaku tersebut diharapkan dapat meningkatkan kinerja ASN dalam melayani masyarakat serta mewujudkan Banjarnegara yang bermartabat dan sejahtera.

“Ibadah puasa yang telah kita lakukan seharusnya memberikan perubahan lebih baik dalam diri kita. Perubahan tersebut akan menjadikan kita menjadi manusia baru, manusia yang berperilaku baik serta memiliki integritas,” katanya.

 

Menurut Wabup, perubahan perilaku dari setiap ASN akan meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat. ASN dituntut untuk selalu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya. Selain itu, setiap ASN juga harus memahami tentang tugas pokok dan fungsinya, sehingga berbagai persoalan di tengah masyarakat dapat terselesaikan.

“Kepuasan masyarakat adalah tolak ukur keberhasilan pelayanan,” ujarnya

 

Wabup berpesan agar hari pertama masuk kerja ini dijadikan starting point, awal untuk melakukan kebaikan-kebaikan dan meninggalkan berbagai hal yang buruk. Dimulai dengan semangat kerja, pakaian yang utuh serta lengkap, sikap berkomunikasi yang ramah dan tutur kata yang baik.

“Tunaikan pekerjaan dengan niat mengabdi dan ikhlas. Semoga pengabdian kita di dunia akan menjadi kebahagian kelak di akhirat,” pungkasnya.

 

Sekretaris Daerah, Indarto menambahkan Libur panjang yang diberikan pemerintah dirasa cukup. Karena itu, Dirinya tidak mau dalam apel hari pertama kerja ada ASN yang tidak masuk kerja tanpa keterangan. Dia bersyukur, hari pertama semua ASN masuk kerja dan ini menggembirakannya.

“Seandainya saja situasi ini ada pada setiap apel pagi, kiranya sangat menyenangkan” katanya.. (amar / ed DS)