DS – Pembangunan harus menyeluruh. Pembangunan infrastruktur saat ini perlu diimbangi dengan pembangunan manusianya. Oleh karena itu keberadaan RSUD ini erat kaitannya dalam upaya mewujudkan Kabupaten Banjarnegara yang bermartabat dan sejahtera.

“Kata martabat dapat diartikan sebagai harga diri, kehormatan atau marwah. RSUD ini menjadi bagian dalam membangun harga diri Kabupaten Banjarnegara. Jadikan masyarakat Banjarnegara bangga memiliki rumah sakit ini,” kata Wakil Bupati Banjarnegara, Syamsudin saat menjadi pembina apel pagi di RSUD Hj Anna Lasmanah Banjarnegara.

 

Lebih lanjut disampaikan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Hj Anna Lasmanah Banjarnegara menjadi bagian integral yang tak terpisahkan dalam pembangunan kualitas sumber daya manusia Banjarnegara.

“Adanya rumah sakit ini diharapkan dapat menaikan Indeks Prestasi Manusia (IPM) Banjarnegara, khususnya melalui peningkatan derajat kesehatan masyarakat” katanya.

 

Syamsudin menginginkan RSUD Banjarnegara menjadi sebuah organisasi pembelajaran yang dinamis dan tanggap akan berbagai persoalan. Karena itu keluarga besar RSUD Banjarnegara harus mau belajar terhadap hal apapun agar ada peningkatan dalam kualitas personal.

“Kecerdasan intelektual saja belum cukup. Perlu adanya kecerdasan emosional dan spiritual yang diharapkan akan meningkatkan pelayanan pegawai RSUD kepada masyarakat” katanya.

 

Ketika ada pasien, tegasnya, sudah sewajarnya dilayani dengan tutur kata yang baik sembari memberikan senyuman.

“Itu merupakan salah contoh saja dari bentuk kecerdasan emosional,” ujarnya.

 

Selain hal tersebut, Wabup juga berpesan agar RSUD selalu dijaga dan dirawat dengan baik. Kebersihan lingkungan, kerapian tempat parker, para pedagang di sekeliling RSUD untuk selalu diperhatikan agar pasien atau pengunjung merasa nyaman ketika datang ke rumah sakit tersebut. (amar er DS)