DS – Ratusan jamaah calon haji Banjarnegara, Senin (17/6).,mengikuti Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten Banjarnegara tahun 2019. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Kemenag Kabupaten Banjarnegara selama dua hari di Golden Ball Room Surya Yudha, Tujuan diselenggarakanya kegiatan manasik adalah untuk membekali jamaah calon haji tentang pengetahuan dalam menjalankan ibadah haji di tanah suci.

 

Menurut Wakil Bupati Banjarnegara, Syamsudin, kegiatan manasik haji sangat bermanfaat bagi jamaah calon haji untuk menambah ilmu dan wawasan tentang proses perjalanan haji serta tata cara pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan syariat islam.

 

Dia juga berpesan agar jamaah calon haji mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh, baik secara fisik maupun mental.

“Belajar dan pahami tata cara pelaksanaan ibadah haji dengan cermat sehingga nanti dapat mengerjakan seluruh syarat dan rukun haji dengan sempurna” katanya.

 

Kepala Kementerian Agama, Masdiro menyampaikan, bimbingan manasik haji tingkat kabupaten ini berlangsung selama dua hari dari tanggal 17 Juni sampai dengan 18 Juni 2019. Setalah ini, pihaknya akan melakukan rapat koordinasi dengan pihak terkait tentang penyusunan jadwal manasik haji yang akan dilaksanakan di tingkat kecamatan.

“Kegiatan manasik di kabupaten ini akan berlanjut di tingkat kecamatan sebanyak enam kali pertemuan,” katanya.

 

Lebih lanjut ditambahkan, jumlah jamaah calon haji dari Banjarnegara berjumlah 784 orang yang dibagi dalam empat kloter pemberangkatan. Kloter 72 berjumlah 180 orang jamaah haji Banjarnegara dan akan bergabung dengan jamaah dari Purbalingga.

 

Kloter 73 berjumlah 355 orang, Kloter 74 sebanyak 242 orang bergabung dengan rombongan Cilacap. Terakhir, lanjutnya, kloter 95 yang berjumlah 7 orang yang akan tergabung dengan jamaah haji di berbagai daerah di Indonesia.

“Rombongan pertama dari Banjarnegara kloter 72 direncanakan Sabtu, 20 Juli 2019 sudah masuk ke Asrama Haji Donohudan, Solo,” terangnya

 

Masdiro mengingatakan agar para jamaah calon haji mengikuti aturan yang telah ditentukan agar pelaksanaan ibadah haji berjalan lancar dan tiba di tanah air menjadi haji mabrur.. Hari petama kegiatan bimbingan manasik haji ini disampaikan materi oleh narasumber dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara.(amar / ed DS)