DS – Para pensiunan PNS Pemkab yang tergabung dalam Paguyuban Purna Tugas Banjarnegara (P2TB), Selasa (18/06) menyelenggarakan halal bil halal dan temu kangen. Acara diselenggarakan di Saung Mansur Parakancanggah dan dihadiri 110 orang anggotanya.

Menurut Ketua P2TB, Budi Santosa, acara yang untuk kedua kalinya diselenggarakan tersebut bertujuan untuk menyambung tali silaturahmi sesama purna tugas. Selain itu, Bulan syawal ini merupakan saat yang tepat untuk saling memaafkan.

“Harapannya kerukunan akan selalu terjaga dan semoga kita senantiasa diberi kesehatan,” katanya.

 

Wakil Bupati Banjarnegara Syamsudin dalam sambutannya di acara ini mengatakan masa purna tugas jangan diartikan sebagai waktu untuk berdiam diri dan hanya menunggu habisnya usia tanpa melakukan apa-apa. Pensiun dari Aparatur Sipil Negara (ASN) semestinya dimaknai sebagai kesempatan untuk mengembangkan potensi diri seluas-luasnya dan melakukan sesuatu yang bermanfaat. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh pensiunan ASN ketika telah berakhir masa pengabdiannya.

“Selepas pensiun jangan sia-siakan sisa umur kita. Usahakan jangan ada waktu yang kosong dan hanya diisi dengan melamun saja. Melamun itu melemahkan jiwa dan mempercepat kepikunan. Lakukan hal yang positif dan bermanfaat,” katanya.

 

Beternak dan bercocok tanam, lanjutnya, dapat menjadi alternatif untuk mengisi waktu di masa purna tugas seperti yang pernah dilakukannya. Disamping itu, kegiatan ekonomi kreatif juga bisa dicoba karena dapat mengangkat potensi di daerahnya masing-masing dan melanjutkan pengabdian dalam mewujudkan Banjarnegara bermartabat dan sejahtera.

“Biarlah kita menjadi tua, tetapi tua kita tetap menjadi manfaat buat siapapun dan menjadi ladang kebaikan,” tuturnya.  (amar / ed DS)