DS – Job Fair 2019 untuk Kabupaten Banjarnegara kembali dilaksanakan Dinas Dinas Tenaga Kerja , Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker PMPTSP). Acara yang dibuka oleh Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, Kamis (20/06) dilaksanakan di Central Convention Hall. Terdapat 5126 lowongan kerja di berbagai perusahaan di Jawa yang ditawarkan pada Job Fair 2019 kali ini.

Menurut Kepala Disnaker PMPTSP, Abdul Suhendi, pelaksanaan job fair 2019 melibatkan 26 perusahaan dari berbagai kota di pulau Jawa. Rinciannya 3 perusahaan dari Yogyakarta, 5 Semarang , 1 Purwokerto, 1 Purbalinga, 1 Temanggung, 1 Wonosobo, 2 Jakarta, dan 12  perusahaan dari Banjarnegara.

“Jenisnya lowongannya beragam. Mulai dari Manager unit, staf IT, sekretaris, HRD, casir, pramuniaga, driver, helper, security,” katanya.

 

Adapun tujuan penyelenggaran Job Fair, kata Hendi, adalah untuk mempertemukan pengguna kerja dan pencari kerja dan memfasilitasi pencari kerja menemukan pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat, dan kompetensi yang dimiliki.

“Bagi perusahaan, kami berharap akan mendapatkan calon tenaga kerja yang sesuai dengan kompetensi dan ketrampilan yang dibutuhkan,” imbuhnya.

 

Bupati Budhi Sarwono dalam pengarahannya berharap job fair terus menjembatani kebutuhan perusahaan dan para pencari kerja.

“Jobfair tahun ini sudah yang keenam. Saya berharap kegiatan ini semakin efektif mengatasi masalah pengagguran,” kata Budhi.

 

Angka pengangguran terbuka di Banjarnegara tahun 2018 masih tinggi, yakni 23.025. Sementara pencari kerja yang mengurus kartu AK1 sebanyak 1.778 orang  per Mei 2019.

“Harapan saya, lewat forum ini didapat tenaga kerja yang berkualitas, trampil dan profesional untuk mewujudkan Visi Banjarnegara yang bermartabat dan sejahtera,” pungkasnya.

 

Usai pembukaan, Bupati didampingi Forkompinda, Kepala Disnaker, mitra perusahaan dan undangan meninjau stand. Nampak beberapa stand seperi dari Surya Yudha Group, BFI Finance, OTTO Group, Pikas Resort, PT Indokores, LPK Javinko, dan lainnya.

 

Lina, salah seorang pencari kerja berharap dia bisa diterima bekerja di Perbankan.

“Harapannnya si bisa di Bank, dan tidak jauh dari rumah,” ujar warga Kampung Pungkuran Banjarnegara itu.** (muji prast / ed DS)