DS – Joko Prasetyo anggota Pemuda Muhammadiyah Kecamatan Kalibening sekaligus relawan bencana senior Muhammadiyah terpilih sebagai ketua Pemuda Muhammadiyah Banjarnegara periode 2019 – 2023.  Dia meraih suara tertinggi diantara 12 formatur yang dicalonkan dalam Musyda ke 17 Pemuda Muhammadiyah yang berlangsung di MTs Muhammadiyah desa Sawal, Sigaluh (6-7 Juli). Joko memperoleh 159 suara, Agus Triawan (154 suara), Riza Azyumarrida Azra (127 suara), Fitran Zain Nur Abduh (123 suara) Khabibulloh (118 suara) dan Fajar Sidiq Budianto (117 suara).

 

Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Banjarnegara, Joko Prasetyo menyampaikan pidato pertamanya di hadapan peserta Musyda Pemuda Muhammadiyah di Desa Sawal, Kec. Sigaluh

 

Ketua terpilih, Joko Prasetyo dalam pidato singkatnya mengatakan akan meneruskan program kepengurusan sebelumnya, sembari melengkapi kekurangan yang ada.

“Insya Allah dengan kebersamaan akan meneguhkan kemandirian gerakan dakwah Pemuda Muhammadiyah Banjarnegara dan selalu Ta’awun untuk Negeri.,” katanya.

Joko dikenal aktif sebagai relawan kebenccanaan bersama Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) di berbagai kejadian bencana di Banjarnegara dan juga di luar daerah. Pada kejadian bencana di Kalibening di tahun 2018 lalu Dia bertindak selaku koordinator lapangan, menanganai ribuan pengungsi, mengkoordinasi penyaluran bantuan kepada pengungsi, membuat Dapur Umum untuk pengungsi dan relawan, dan membuat huntara untuk pengungsi.

Ketua panitia Musyda, Riza Azyumaridha Azra, mengatakan bahwa Musyawarah Daerah dilaksanakan dalam rangka regenerasi pimpinan dan laporan pertanggung jawaban, serta penyusunan rencana program kerja Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Banjarnegara, selama satu periode mendatang yang berjalan selama empat tahun, yakni 2019 sampai dengan 2023.

“Musyda kali ini seyogianya dilaksanakan dengan sebaik mungkin karena di pundak pemudalah terpikul masa depan ummat, bangsa, dan persyarikatan,” katanya.

 

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono menyampaikan sambutan pada pembukaan Musyda Pemuda Muhammadiyah ke 17 di Desa Sawal, Kec. Sigaluh

 

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, dalam sambutannya berharap, dengan pelaksaaan Musyda yang baik akan diperoleh hasil yang baik juga, sehingga bisa menjadikan Muhammadiyah jauh lebih baik.

“Saya ucapkan selamat kepada Pemuda Muhammadiyah Banjarnegara, semoga hasil Musyawarah Daerah ini akan bermanfaat bagi perserikatan Muhammadiyah khususnya dan masyarakat luas pada umumnya,” kata bupati. (*.Mujipras / ed DS)