DS – Pemkab Banjarnegara melalui Bagian Kesra Setda menyelenggarakan sunatan massal. Kegiatan yang dilaksanakan Selasa (09/07) di Sasana Bhakti Praja untuk 55 anak ini diikuti oleh warga dari berbagai wilayah di Banjarnegara.

Kabag Kesra Teguh Handoko menjelaskan pelaksanaan sunatan massal dilakukan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan sebagai pelaksana petugas medis. Untuk memperlancar jalannya sunatan massal panitia menyediakan enam bilik untuk pelaksanaan sunat.

“Kuota yang ada disediakan untuk 55 anak. Namun sampai hari H peserta yang datang baru 51 anak” katanya.

 

Salah seoranganak peserta sunatan massal Pemkabtengah disunat di salah satu bilik

 

Kegiatan sunatan massal ini merupakan agenda kegiatan rutin Bagian Kesra yang dilaksanakan setiap tahunnya. Setiap anak yang disunat, lanjutnya, diberikan perlengkapan celana sunat, baju koko, makan minum, dan uang saku untuk anak dan pendampingnya.

 

Muhamdi, warga Semarang Kidul, mengaku senang dan sangat tertolong dengan penyelenggaraan sunatan massal. Sebab saat informasi ini diterima istrinya seorang pedagang pakaian di pasar Kota melalui getok tular, anak keduanya Alfan tengah berskiras minta disunat.

“Momentnya pas banget dengan kondisi kami. Saat anak rewel minta disunat, informasi penyelenggaraan sunatan massal kami terima. Langsung saja kami daftarakan. Meski menjelang batas akhir toh akhirnya kemauan anak keturutan. Alhamdulillah…” katanya.

 

Hal senada disampaikan Kusmirah, warga Parakancanggah. Ian anak ketiganya tahun ini akan masuk ke SMP namun seusia itu masih belum sunat.

“Sudah SMP tapi belum sunat. Mungkin malu sama teman juga. Sehingga saat ditawarkan untuk ikut sunatan masal. Anak langsung mau” katanya.  (*_eko / DS)