DS – Warga di tiga desa yang berada di tiga Kecamatan  di Kabupaten Banjarnegara menerima dropping air bersih. Ke tiga desa tersebut adalah desa Somawangi Kecamatan Mandiraja, Desa kebutuhjurang Kecamatan Pagedongan, dan desa Ampelsari Kecamatan Banjarnegara.

Dropping air Desa Kebutuhjurang di dusun Sirongge RT 3/11 yang memiliki 54 KK 279 Jiwa dan RT 2/ 12, 23 KK 119 Jiwa. Desa Ampelsari Kec. Banjarnegara  berlokasi di Kadus 1 Perum Pesona Harmoni Blok D da E RT 6/1 yang terdiri dari 86 KK 516 Jiwa. Dan,Desa Somawangi Kec. Mandiraja di Dusun Kalirau RT 4/6 yang terdiri dari 40 KK atau 204 Jiwa.

“Masing-masing lokasi menerima kiriman 1 truk tangki air kapasitas 5000 liter. Sehingga total dropping air sampai hari ini adalah 75 ribu liter air” kata Kasi Kedaruratan dan Logistik pada BPBD, Agus Haryono, Selasa (09/07) di kantornya.

 

Petugas dropping air BPBD Banjarnegara tengah mengisi air bersih di ember milih warga yang wilayahnya mengalami kekeringan

 

Berkait dengan musim kering tahun 2019, sambung Agus, Pemkab Banjarnegara telah menetapkan status darurat kekeringan untuk masa 3 bulan dari tanggal 1 Juli – 30 sept 2019.

“Berdasar kegiatan tahun kemarin, ditetapkan 39 desa di 11 Kecamatan yang potensial mengalami rawan kekeringan” katanya.

 

Selain itu, kata Agus, BPBD juga membuka kesempatan bagi masyarakat dan dunia usaha untuk berpartisipasi dan membantu pengiriman air bersih. Apabila ingin mengirimkan sendiri diharapkan untuk berkoordinasi terlebih dahulu dengan BPBD. Tujuannya agar bantuan air bersih yang disalurkan tidak tumpang tindih dengan program dropping air yang dilaksankaan oleh BPBD. (*_eKo / DS)