DS – Bulan Dana PMI (Palang Merah Indonesia) Tahun 2019 telah dicanangkan oleh Bupati Banjarnegara di Sasana Abdi Praja Setda Banjarnegara, Rabu (17/7). Rencana penerimaan sumbangan Bulan Dana PMI kali ini ditargetkan sebesar 985 juta rupiah. Target ini dinaikan karena tahun lalu realisasi Bulan Dana PMI bisa terkumpul sebanyak Rp820.977.750.

 

Wakil Bupati Banjarnegara sekaligus Ketua Umum Panitia Bulan Dana PMI, Syamsudin mengatakan, dengan memperhatikan capaian pada tahun 2018 maka pada tahun ini Bulan Dana PMI ditargetkan sebesar 985 juta rupiah yang berasal dari sumbangan masyarakat melalui delapan sektor, yaitu penduduk, pelajar, pegawai, pelayanan jasa, Indagkop dan UMKM, kesehatan, jasa konstruksi dan perbankan.

 

Sedangkan untuk pelaksanaannya akan berlangsung selama tiga bulan mulai dari 1 Juli-30 September 2019. Hasil dari pengumpulan sumbangan Bulan Dana PMI ini nantinya akan digunakan untuk menunjang tugas utama PMI yang meliputi penanganan bencana dan unit transfusi darah, lanjutnya.

 

“Apabila target belum terpenuhi maka waktu pelaksanaan akan diperpanjang satu bulan,” ujarnya

 

Untuk teknis pengumpulan sumbangan, kata Syamsudin, dilakukan dengan pemberian kupon bulan dana yang klasifikasi dan besarnya sumbangan mulai dari nominal seribu sampai dua juta rupiah. Kupon yang telah dicetak kemudian dikirimkan kepada masing-masing ketua sektor lalu didistribusikan ke sasarannya.

 

“Setiap bulan selama pelaksanaan panitia akan malakukan rapat evaluasi untuk memonitor penyetoran sumbangan,” imbuhnya

 

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono memberikan sambutan pada Bulan Dana PMI tahun 2019 di Sasana Bhakti Praja, Rabu (17/07)

 

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono menghimbau agar masyarakat turut serta menyukseskan Bulan Dana PMI ini. Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan upaya penggalangan dana untuk kemanusiaan, khususnya di Kabupaten Banjarnegara.

 

“Kami mengharapkan agar masyarakat semakin menyadari manfaat pengumpulan dana tersebut serta memahami dan menyadari pentingnya keberadaan PMI sebagai organisasi sosial yang bertugas di bidang kemanusiaan dan berperan dalam membantu pemerintah,” katanya

 

Selanjutnya Bupati berpesan kepada Panitia Bulan Dana PMI 2019 agar melakukan koordinasi dengan sebaik-baiknya dan mengambil langkah-langkah strategis sehingga pemasukan sumbangan dapat melampaui pengumpulan dana tahun lalu dan mencapai target yang telah ditetapkan.

 

Pada kesempatan ini Bupati juga memberi apresiasi kepada PMI Banjarnegara dalam penanganan bencana yang terjadi di beberapa wilayah Kabupaten Banjarnegara dan ikut berperan aktif dalam mengirimkan relawan terlatih serta bantuan logistik seperti saat membantu korban bencana di Lombok, Donggala serta Banten beberapa waktu yang lalu.

 

“Disamping itu, PMI juga memiliki tugas sebagai penyedia darah untuk masyarakat sehingga diharapkan dapat menjaga mutu darah sesuai dengan standar yang ditentukan dan tidak tercemar penyakit menular,” pungkasnya. (amar)