DS – Pembangunan keluarga merupakan pondasi bagi pembangunan masyarakat secara utuh. Hal ini karena keluarga merupakan sel kehidupan bermasyarakat. Maka, dengan meningkatnya kualitas keluarga dampaknya akan meningkat pula kualitas kehidupan masyarakat secara luas.

“Peningkatan kualitas keluarga ini berkait erat dengan pesan yang ingin disampaikan dalam setiap penyelenggaraan Hari Keluarga Nasional setiap tanggal 29 Juli yaitu keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara” kata Wakil Bupati Syamsudin, Kamis (18/07) saat memberi sambutan pada peringatan Harganas ke 26 tahun 2019 di Pendopo Dipayudha Adigraha.

Tema Harganas tahun ini adalah “Cinta Keluarga Cinta Terencana”. Tema ini mengingatkan pentingnya perencanaan dalam proses pembangunan keluarga. Dimulai dari perencanaan pernikahan yang mensyarakatkan umur yang cukup bagi calon mempelai, perencanaan jumlah anak sesuai slogan “2 anak cukup”, dan perencanaan pemeliharaan bayi, balita, remaja sampai dengan lansia.

“Dengan pembangunan keluarga yang terencana diharapkan setiap keluarga dapat melaksanakan 8 fungsi keluarga yaitu fungsi agama, kasih sayang, sosialisasi, pendidikan, perlindungan, sosial budaya, reproduksi, ekonomi, dan fungsi pembinaan lingkungan” katanya.

 

Wabup Banjarnegara Syamsudin melantik pengurus KKI dan Fapsedu di Pendopo Dipayudha Adigraha, Kamis (18/07)

 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dispermades PPKB) Agus Kusuma mengatakan tujuan peringatan harganas adalah meningkatkan kepedulian dan peran serta seluruh stake holder, tokoh agama, tokoh masyarakat dan lembaga masyarakat secara berkesinambungan dalam pelaksanaan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera dan berkualitas.

“Kegiatan harganas dilaksanakan di Pendopo Dipayudha Adigraha dan dihadiri 470 tamu undangan yang berasal dari OPD, PPKBD, Koallisasi Kependudukan Indonesia (KKI), Badan Pelaksana Forum Antar Pemeluk Agama Peduli Keluarga Sejahtera dan Kependudukan (Fapsedu), Camat se Kabupaten, Penyuluh KB, Ketua TP PKK, Ketua Dharma Wanita, dan TP PKK Kecamatan” katanya.

Dalam rangka peringatan Harganas, sambungnya, dilaksanakan juga berbagai lomba.

“Pada kesempatan ini akan diserahkan penghargan pada para pemenang dan juga akan dilaksanakan pengukuhan pengurus KKI dan Fapsedu” pungkasnya. (**_eKo / DS)