DS – Penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan merupakan mata rantai yang saling berkesinambungan oleh karena itu perlu aktivitas pengendalian yang tidak hanya terbatas kegiatan rapat saja tetapi bisa melalui bentuk lain seperti konsultasi, koordinasi dan surat menyurat. Demikian disampaikan Wakil Bupati Banjarnegara, Syamsudin saat membuka Rapat Koordinasi Pengendalian Operasional Kegiatan (POK) Triwulan Kedua Tahun Anggaran 2019 di Sasana Abdi Praja Setda Banjarnegara, Selasa (23/7).

 

“Dengan komunikasi dan koordinasi yang baik serta semangat kerja yang tinggi maka hasil yang memuaskan akan bisa tercapai,” katanya.

 

Upaya pengendalian tersebut dilaksanakan agar produktivitas kegiatan sebagai bagian dari perwujudan pelayanan publik kepada masyarakat akan bisa diwujudkan. Karena itu, Syamsudin menginginkan jajaran Pemkab Banjarnegara dapat bersinergi satu sama lain dan bersatu padu dalam meningkatkan kinerja sesuai bidang tugas, fungsi dan kewenangan masing masing.

 

“Kewajiban kita memberikan pelayanan kepada masyarakat. Jangan abai dengan permasalahan yang muncul ditengah masyarakat. Kita harus bekerja dengan tanggap, cepat dan fokus,” ujarnya

 

Wabup menekankan kepada seluruh OPD berkewajiban mengirim data realisasi kegiatan dan menyampaikan laporan bulanan kepada Bupati melalui Bagian Pembangunan Setda Banjarnegara. Berkaitan dengan proses pengadaan barang dan jasa pemerintah melalui elektronik jangan sampai menjadi kendala. Diharapkan kepada masing-masing OPD agar mempelajari pedomannya untuk melaksanakan kegiatan dalam bidang pengadaan.

 

Kepala Bagian Pembangunan Setda Banjarnegara, Yusuf Winarsono mengatakan, hasil rekapitulasi laporan kegiatan dari masing-masing pengelola kegiatan sampai akhir juni tercatat ada 1745 kegiatan dengan realisisasi fisik sampai akhir bulan Juni 2019 mencapai angka 33,15% dari target 39,44%.

 

“Jumlah belanja APBD 2019 sebesar Rp.2.128.689.824.500. Untuk realisasi capaian penyerapan anggaran sampai dengan 29 Juni 2019 belanja langsung mencapai Rp.192.063.967.383,” paparnya. (amar / DS)