DS – Pemerintah akan mengoptimalkan peran kecamatan dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik. Langkah ini dilakukan dalam upaya meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelayanan publik mengingat wilayah Banjarnegara yang luas dengan kondisi geografis sejumlah wilayah Banjarnegara yang masih sulit dijangkau karena berada di daerah terpencil. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Indarto, Selasa (23/07) saat memberikan arahan pada kegiatan Sosialisasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Sasana Bhakti Praja Setda.
“Tolok ukur yang ingin dicapai adalah terselenggaranya tata kelola pemerintahan yang baik bagi percepatan reformasi birokrasi di daerah dalam upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan layanan publik” katanya.

Kebijakan ini didasarkan pada sejumlah regulasi diantaranya Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Permendagri Nomor 4 Tahun 2010 tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan. Regulasi ini diperkuat dengan Peraturan Bupati Nomor 4 Tahun 2019 tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan dari Bupati kepada Camat untuk menangani sebagian Urusan Otonomi Daerah.
“Dengan adanya regulasi dan dukungan kebijakan, harapannya Pemerintah Kecamatan memiliki prakarsa dalam upaya meningkatkan pelayanan publik sehingga posisi pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik berubah dari dilayani menjadi melayani” katanya.

Kabid Pengelolaan Informasi administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data pada Dindukcapil, Sri Sudaryanti, menambahkan ruang lingkup Paten meliputi pelayanan bidang perizinan dan pelayanan non Perijinan. Dengan adanya Perbub No. 4 Tahun 2019 maka ada pendelegasian 132 perijinan dan 5 non perijinan yang di dalamnya masuk layanan administrasi kependudukan.
“Saat ini layanan administrasi kependudukan yang ada di Kecamatan berupa perekaman e KTP elektronik, pencetakan surat keterangan pengganti e KTP, pendaftaran cetak e KTP, pendaftaran Kartu Keluarga, dan pendataran pindah dalam satu Kabupaten” katanya.

Ketua Penyelenggara Kabag Pemerintah dan Otda, Buntoro, mengatakan maksud diselenggarakannya sosialisasi PATEN adalah untuk mewujudkan Kecamatan sebagai pusat pelayanan masyarakat. Sedangkan tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kualitas dan mendkatkan pelayanan kepada masyarakat. Kegiatan diselenggarakan selama satu hari dengan mengundang tiga narasumber yaitu dari Dinas Tenaga Kerja Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu SAtu Pintu, Dindukcapil, dan Camat Banjarnegara.
“Peserta 60 orang terdiri dari Camat, Kasi Trantibum dan Pelayanan, serta Staff Operator PATEN se Kabupaten Banjarnegara” katanya. (*_eKo / DS)