DS – Wakil Bupati Banjarnegara, Syamsudin mengukuhkan Kelompok Sadar Wisata Intan Putih, Desa Kalitengah, Kecamatan Purwanegara. Upacara pengukuhan digelar di komplek Makam Dr Sulistyo, Kamis (25/7).

Syamsudin meminta Pokdarwis yang telah dilantik untuk bekerja keras mengolah sejumlah aktivitas dan destinasi wisata yang sudah dipetakan. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Seperti makam Dr Sulityo ini, sering dikunjungi oleh banyak peziarah dari berbagai daerah. Ini baru satu destinasi dan perlu dikembangkan yang lainnya,” katanya saat melantik Pokdarwis di sela kegiatan Pebemas Travel Mart II di Banjarnegara.

Syamsudin menuturkan, komplek makam tersebut dibangun secara swadaya. Meski demikian, dia mengakui, akses jalan menuju desa tersebut masih kurang memadai. Oleh karena itu, ke depannya, hal ini akan menjadi pekerjaan rumah pemerintah.

 

Wakil Bupati Syamsudin melantik Pokdarwis Intan Putih, Kalitengah, Kecamatan Purwonegoro di halaman monumen Dr. Sulistyo

 

Ketua Pokdarwis Kalitengah, Bejo Wahyudi mengatakan, selain makam tokoh pendidikan tersebut, di desanya juga terdapat sejumlah potensi wisata alam. Di antaranya Goa Lawe dan Watu Kelir.

“Goa lawe itu sedalam 50 meter tapi belum dieksplorasi. Juga masih ada Watu Kelir yang berupa batu belah berwarna putih setinggi 50 meter dan selebar 30 meter,” katanya.

Pengembangan destinasi tersebut, lanjut Bejo, akan dilakukan secara bertahap. Untuk sementara ini, Pokdarwis masih mengandalkan kunjungan para peziarah ke makam Dr Sulistyo.

Kepala Desa Kalitengah, Suprihanto berharap pihak biro perjalanan wisata dapat membantu mempromosikan pariwisata desa tersebut. Makam Dr Sulistyo merupakan destinasi unggulan yang sudah dikunjungi oleh guru-guru dari sejumlah derah.

“Desa ini memang tempatnya terpencil tapi memiliki potensi wisata alam yang cukup banyak. Maka, saya berharap kepada biro-biro perjalan untuk dibantu pemasaran wisatanya,” ujarnya. (*Istimewa / DS)