DS – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara sampai hari Senin (12/08) telah mendistribusikan air bersih ke warga masyarakat di 19 desa yang ada di 9 Kecamatan. Demikian disampaikan oleh Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Arief Rahman, Senin (12/08) di kantornya.

“Sampai Senin jumlah total volume dropping air bersih sebanyak 1.225.000 liter atau  sebanyak 245 tangki air” katanya.

 

Puluhan Ember milik warga siap menerima air bersih yang dibagikan Relawan BPBD Banjarnegara

 

Untuk hari ini dikirimkan sebanyak 15 tangki ke 5 kecamatan yaitu Desa Jalatunda, Kecamatan Mandiraja sebanyak 3 tangki (15 ribu liter), Desa Sirkandi, Kecamatan Purworejo Klampok 3 tangki (15 rb ltr), desa Karangjati Kecamatan Susukan 3 tangki (15 rb ltr), desa Lebakwangi dan desa Duren Kecamatan Pagedongan masing-masing 2 tangki, total Kecamatan Pagedongan 4 tangki (20 rb ltr), dan desa Rakitan, Kecamatan Madukara 2 tangki (10 rb ltr)

“Total ada 75 ribu liter. Karena cukup banyak pengiriman ada yang dilakukan sampai malam hari” imbuhnya.

 

Pergerakan armada kekeringan ditopang dari tangki BPBD. Ada juga bantuan tangki dari PMI Jateng. Kapasitas masing-masing tangki bermuatan 5000 liter.

 

Sampai saat ini bila melihat pada persebaran wilayah dropping, kata Arif, diketahui wilayah kekeringan makin meluas sejak aktivitas ini dimulai pada bulan Juli. Ini bisa dilihat dari bertambahnya jumlah desa dan wilayah kecamatan.

“Jumlah ini masih di bawah jumlah kecamatan pada masa kekeringan di tahun 2018 lalu yaitu sejumlah 10 kecamatan” katanya.

 

Kondisi sudah diantisipasi, termasuk dengan keberadaan SK Bupati tentang tanggap darurat kekeringan.

“Sesuai dengan SK Bupati, masa Tanggap Darurat Kekeringan ditetapkan untuk masa 3 bulan dari bulan awal bulan Juli sampai dengan akhir bulan September 2019” katanya.

 

Relawan BPBD Banjarnegara bertugas membagikan dropping air kepada warga di wilayah kekeringan hingga malam hari

 

Sementara itu, Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie mengatakan diperkirakan hujan akan turun di Banjarnegara, namun masih hujan kecil. Berdasar data prakiraan cuaca dua hari ke depan di Banjarnegara terjadi hujan ringan lokal. Sedangkan untuk seluruh Jawa tengah kondisi hampir sama,

“Untuk Jawa Tengah secara umum berawan dan potensi hujan lokal tidak merata di sebagian wilayah pegunungan tengah sisi utara” katanya. (*_eKo / ed DS)