DS – Kabupaten Banjarnegara memang tidak memiliki laut. Namun Banjarnegara memiliki peran penting dalam sudut pandang Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cilacap. Hal ini disampaikan langsung oleh Komandan Lanal TNI Angkatan Laut Cilacap Kol Laut (P) Adi Lumaksana S. Sos, Rabu (27/08) di Rumah Dinas Bupati saat bertemu dengan Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono,  besertaSekretaris Daerah, dan sejumlah staf.

“Meskipun di Kabupaten Banjarnegara tidak ada laut, bukan berarti kami tidak memperhatikan. Tetap kami ingin bersinergi,” katanya.

 

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono beserta Sekda menerima kunjungan Danlanal TNI AL Cilacap, Kol Laut (P) Adi Lumaksana S. Sos. di Pringgitan Rumah Dinas Bupati, Selasa (27/08).

 

Adapun maksud dan tujuan berkunjung di Kabupaten Banjarnegara adalah untuk bersilaturahmi dan memperkenalkan diri sebagai Komandan Lanal Cilacap yang baru. Pada kesempatan ini, dirinya pun menjelaskan peranan Pangkalan Laut dalam pengamanan laut, khususnya laut selatan dan tugas pokok TNI AL yang diemban Pangkalan TNI AL Cilacap. Salah satu tugas utamanya adalah turut dalam pegamanan Obyek Vital dan pembina pesisir dan nelayan pesisir.

“Di sini juga punya Sungai Serayu yang begitu besar dan panjang, kami siap berkolaborasi untuk menghidupkan potensi yang luar biasa ini,” katanya.

Dia menambahkan, Pangkalan AL di Cilacap memiliki sekitar 200 pasukan, yang tiap saat selalu berpatroli menjaga keutuhan NKRI. Di samping itu, prajurit giat melaksankan bakti untuk kepentingan masyarakat.
“Ketika terjadi bencana, seperti gempa, tsunami, hal ini menjadi perhatian khusus dari Lanal Cilacap dalam kewaspadaan tanggap darurat,” katanya.

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono berterima kasih atas kunjungan Danlanal Cilacap. Ia berharap, dengan kehadiran Danlanal Cilacap akan lebih mengakrabkan hubungan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara dengan Institusi TNI AL dalam hal ini Lanal Cilacap.
“Sejak awal TNI adalah manunggal rakyat, jadi kami terima kasih. Kehadiran TNI selalu diharapkan oleh masyarakat, juga pastinya Pemerintah Banjarnegara,” ujar Budhi Sarwono. (* Mujipras / ed DS)