DS – Rombongan jamaah haji kolter 72 asal Banjarnegara, Senin dinihari (09/09) kurang lebih pukul 03.00 WIB tiba di Pendopo Dipayudha Adigraha. Rombongan jamaah yang diangkut 4 bus memasuki pelataran pendopo dari pintu timur dan parkir di halaman Satpol PP. Pengalihan rute masuk ini dikarenakan adanya perbaikan trotoar di sepanjang jalan Dipayudha melintas hingga depan pintu masuk utama Pendopo.

Panitia melakukan pengamanan dengan pagar besi untuk menghindari serbuan penjemput haji begitu bus memasuki tempat parkir karena situasi ini cukup berbahaya. Cara ini terlihat berhasil, lokasi kendaraan berhenti dan menurunkan jamaah steril dari tumpukan massa penjemput jamaah. Sejumlah jamaah haji terlihat haru biru bertemu dengan sanak keluarga.

 

Para jamaah haji disambut Sekda Drs. Indarto beserta Ibu beserta perwakilan kemenag, dan ormas di Pendopo Dipayudha Adigraha. Kemudian jamaah haji melakukan sujud syukur di karpet yang disediakan dan selanjutnya dilaksanakan seremoni penyambutan jamaah.

 

Haji Bambang Budi Setiono wakili jamaah haji Kloter 72 menyampaikan sambutan

 

H. Bambang Budi Setiono mewakili jamaah mengatakan kloter 72 merupakan rombongan haji yang tergabung dengan jamaah haji Kabupaten Purbalingga. Jumlah jamaah haji asal Banjarnegara 178 orang. Namun yang pulang bersama rombongan jumlahnya 176. Hal ini dikarenakan 1 orang jamaah asal Kecamatan Pagedongan haji Tanazul atau pulang terlebih dahulu dikarenakan alasan kesehatannya. Sementara 1 orang belum pulang dikarenakan sakit dan dirawat di RS Uhud, Arab Saudi.

“Jamaah yang sakit bernama Bapak Chanif dari Sokanandi. Malam Jumat kemarin masuk RS di Uhud. Sampai waktu kepulangan, beliau masih dirawat di RS” katanya.

 

Bambang yang melaksanakan haji untuk kedua kalinya ini mengucapkan terima kasih pada pemerintah atas pelayanan haji pada musim haji tahun ini. Pelayanan haji kali ini terasa lebih baik dan memuaskan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Selain berbagai hal, ini dikarenakan adanya sistem zonasi tempat dan juga pelayanan kuliner nusantara.

“Menu makan disesuaikan dengan daerah asal jamaah. Sehingga makin mendekatkan dengan cita rasa asala jamaah. Kini tidak lagi kesulitan masalah selera makan” katanya.

 

Ucapan terima kasih disampaikan juga kepada pemerintah Kabupaten yang sejak keberangkatan hingga kepulangan jamaah melakukan pelayanan pengantaran dan penjemputan jamaah dengan baik. Dirinya menghitung lama perjalanan 17 jam, dimana 12 jam penerbangan dan 5 jam perjalanan bus seolah terbayar dengan semua kelancaran dan kenyamanan selama perjalanan.

 

Sekretaris Daerah Indarto mewakili Bupati mengucapkan selamat datang kembali di Bajarnegara kepada jamaah haji dan selamat berkumpul kembali dengan sanak keluarga. Dirinya juga mengajak jamaah untuk mendoakan Bapak Chanif jamaah haji kloter 72 yang masih dirawat di RS Uhud segera sembuh dan pulang kembali ke Banjarnegara.

 

Indarto mengingatkan perjalanan ibadah haji merupakan sebuah perjalanan yang sangat berharga, bukan semata karena pengorbanan harta benda, tenaga, dan waktu yang dilakukan masing-masing jamaah, namun ada hal yang lebih esensial.

“Harapannya dengan predikat haji maupun hajjah yang kini melekat mampu membuat pemiliknya menjadi tauladan di tengah masyarakat.” Katanya. (*_eKo / ed DS)

 

Sekda Drs. Indarto dan Ibu beserta tamu undangan lain mengucapkan selamat kepada para jamaah haji kloter 72