DS – Dalam upaya optimalisasi pendapatan daerah melalui pajak dan retribusi daerah, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara bekerjasama dengan Bank Jawa Tengah Cabang Banjarnegara meluncurkan layanan Host to Host E-Pajak dan E-Kir di Pendopo Dipayudha Adigraha, Rabu (11/9). Program tersebut juga merupakan salah satu upaya dari Pemkab Banjarnegara yang didukung Bank Jateng untuk terus melakukan inovasi untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

 

Wakil Bupati Banjarnegara Syamsudin memberikan sambutan pada acara peluncuran e-Pajak dan e-Kirr di Pendapa Dipayudha Adigraha

 

Wakil Bupati Banjarnegara, Syamsudin menyampaikan, dengan diterapkan inovasi ini diharapkan akan mampu memberikan peningkatan peklayanan kepada masyarakat yang lebih baik, lebih cepat, mudah, berkualitas dan akuntable dengan sistem online. Dia menilai di era perkembangan teknologi informasi saat ini inovasi menjadi harga mati. Diperlukan sumber daya manusia yang adaptif dan kreatif serta sinergisitas dengan berbagai pihak.

“Membenahi dan memajukan daerah membutuhkan kerja sama dengan banyak pihak. Dukungan dari para OPD dibantu dengan pihak perbankan dalam hal ini Bank Jawa Tengah Canang Banajarnegara akan dapat menggali potensi pendapatan daerah semakin optimal,” katanya

 

Anang Sutanto, Kabid Pendapatan Daerah Lainnya di BPPKAD mengatakan inovasi tersebut awalnya untuk merubah mindset yang konvensional menjadi digital. Selain itu, pelayanan tersebut juga untuk mengurangi transaksi tunai sesuai dengan instruksi pemerintah semua harus non tunai. 11 jenis pajak non tunai semuanya sudah bisa diakses kapan dan dimana saja serta berapapun dapat dilakukan transaksi ke Bank Jateng.

“Aplikasinya menggunakan SIMPADA dan jaringannya menggunakan Host to Host. Pembayarannya langsung , tidak diterima bendahara dulu lalu disetorkan keesokan harinya. Data di Bank Jateng dengan sistem kami pasti sama,” ujarnya

 

Pimpinan Cabang Bank Jawa Tengah Banjarnegara, Yuli Prabowo mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Pemkab Banjarnegara terhadap pihaknya sehingga bisa mengiplementasikan payment online sistem untuk mendukung pembangunan di Kabupaten Banjarnegara melalui beberapa layanan berbasis elektronik.

“Kedepan ini sedang kita proses e-retribusi pasar dan e-parkir. Sebagai bank milik daerah kita selalu hadir dalam laju pembangunan daerah sehingga mampu mendukung pertumbuhan perekonomian daerah,” katanya.

 

Wakil Bupati Banjarnegara Syamsudin secara simbolis menyerahkan tiruan kunci kepada peraih hadiah mobil dari Puskesmas Banjarnegara 2

 

Pada kesempatan ini Bank Jateng Cabang Banjarnegara juga memberikan hadiah kepada pemenang undian Bima berupa satu buah mobil Xpander yang diraih oleh nomor rekening Puskesmas Banjarengara 2 serta beberapa hadiah untuk para pemenang lain seperti sepeda motor N-Max dan emas batangan. (amar)