DS – Dimas Izz. Dzaki Zaidan, Siswa SD Negeri 1 Sigaluh Kabupaten Banjarnegara, maju mewakili Jawa Tengah pada Lomba pantomime tingkat Nasional. Dzaki akan berlaga pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N)  yang akan dilaksanakan di Banten tanggal 15 hingga 21 September 2019.

“Berangkatnya ke Banten dari Semarang bersama kontingen lain,” kata Suwaryo S.Pd, guru SDN 1 Sigaluh yang sekaligus merupakan pelatih Dzaki, Kamis (12/09) di sekolah.

 

Pada kegiatan FLS2N tingkat nasional ini, Provinsi Jawa Tengah mengikuti 5 cabang lomba yakni Tari, Cerita Bergambar, Keranjinan, Nyanyi dan Pantomim. Total jumlah peserta kontingen Jawa Tengah ada 35 anak. Banjarnegara hanya 1 peserta yaitu Dzaki untuk Pantomim.

“Pada lomba FLS2N ini, rencananya Zaky akan membawakan tema Hutanku Berseri Kembali. Naskah sudah disesusikan sesuai durasi untuk satu kali pentas yakni antara 5 sampai 10 menit,” katanya.

 

Bakat Seni

Menurut Suwaryo, pelatih sekaligus ayah Dzaki, anaknya ini memang sejak lama diketahuinya memiliki bakat seni yang baik. Bakatnya tidak hanya pantomime yang kini membawanya menasional, namun ada segudang bakat seni lain yang dimilikinya. Hanya saja, diantara semua bakat seninya tersebut, Pantomim ini yang paling ditekuninya.

“Alasan Dzaki, pantomime tantangannya lebih asyik” katanya.

 

Dzaki yang kini duduk di kelas 5 D aktif bermain pantomim sejak kelas 2 SD. Dan sejak Dia mulai berlatih itu pula menjadii awal dirinya mewakili sekolah pada berbagai lomba pantomim FLS2N.

“Hasilnya hingga saat ini ia menjuarai Lomba Pantomim dari tingkat Kecamatan, dua kali juara tingkat Kabupaten, satu kali Propinsi, dan kini bersiap di ajang FLS2N tingkat Nasional” katanya.

 

Terpisah, Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, mengapresiasi Zaky siswa SDN 1 Sigaluh yang akan maju lomba nasional mewakili Jawa Tengah. Dia menaruh harapan besar siswa terpilih dari Banjarnegara dapat berbicara lebih banyak di tingkat nasional dan lebih banyak lagi Dzaki-Dzaki yang lain menyusulnya.  Tentu bagi siswa-siswa berbakat ini harus senantiasa didampingi pelatih, sekolah, apalagi Dinas.

“Suarakan ke tingkat nasional, meskipun dari daerah, namun siswa Banjarnegara hebat-hebat, dan mampu berjaya di tingkat Nasional” katanya  (*_mujiprast / ed DS).