DS – Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo, Jumat (13/09),  meresmikan monumen Dr Sulistyo M Pd, di Desa Kalitengah, Kecamatan Purwanegara, Kabupaten Banjarnegara. Almarhum Sulistyo merupakan putra kelahiran dusun terpencil Kalitengah yang pernah menjabat sebagai Ketua PGRI pusat sekaligus anggota DPD RI.

 

Peresmian ditandai penandatanganan prasasti oleh Bambang Soesatyo, didampingi Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, Wabup Syamsudin, Forkompinda dan jajaran PGRI pusat dan daerah. Usai penandatanganan prasasti, dilanjutkan seremoni memotong tali dadung dengan senjata khas Banyumas, Kudhi.

 

Ketua DRP RI Bambang Soesatyo memberikan sambutan saat meresemikan monumen Dr. Sulistyo di Kalitengah, Purwonegoro

 

Sulistyo, kata Bambang, dikenal sebagai tokoh yang getol memperjuangkan dunia pendidikan dan nasib guru-guru. Dan hal itu dilakukannya semenjak dirinya berkecimpung di wadah para guru se Indonesia yakni PGRI.

“Pengaruhnya makin meluas saat dirinya menjabat sebagai ketua umum PGRI pusat sekaligus menjadi anggota DPD RI. Salah satu hasil perjuangannya adalah peningkatan kesejahteraan para guru sekarang ini” katanya.

 

Bambang mengapresiasi pembangunan monument dan komplek makam untuk mengenang dedikasi perjuangan dan jasa almarhum guru Dr. Sulistyo, M. Pd. Sebab karena guru banyak anak bangsa menjadi orang pintar dan berperan di negeri ini.

“Tidak bisa dilupakan, saya pun bisa seperti sekarang ini karena jasa guru” katanya.

Karena itu, Bambang berharap keberadaan monumen dan kompleks makam ini dapat membawa rmanfaat bagi masyarakat secara luas.

“Mereka yang berziarah tentu ingin membawa manfaat untuk kekayaan batiniah. Dan bagi kalangan guru serta masyarakat almarhum Sulistyo ini merupakan sosok inspiratif, bagaimana seorang anak desa berjuang melawan kekurangan yang ada berjuang untuk cita-citanya menjadi guru yang baik. Dan perjalanan waktu kemudian membawa beliau orang desa ini menjadi salah satu tokoh nasional yang berdedikasi penuh untuk dunia pendidikan dan guru-guru yang dicintainya” katanya.

 

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono menyampaikan sambutan saat peresemian monumen                   Dr. Sulistyo

 

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada ketua DPR atas kesediaan hadir dalam kegiatan ini.  Dia juga menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh guru atas  dedikasinya dalam  mewujudkan kompleks makam ini.

 

“Kompleks ini dibangun atas iuran para guru dan donatur. Alhamdulillah kondisinya sudah cukup asri dan hari ini diresmikan oleh ketua DPR,” kata Bupati.

 

Budhi juga mengenang sosok Sulistyo sebagai pribadi pendidik dan pejuang.

“Almarhum Sulistiyo adalah putra asli Banjarnegara yang merupakan pribadi pendidik dan pejuang dengan totalitas ia memperjuangkan nasib guru dan kemajuan dunia pendidikan,” imbuhnya.  (*_muji prast/ed DS)

 

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo berpose bersama Bupati, Wakil Bupati, jajaran Forkompinda, dan pimpinan organisasi guru PGRI di Komplek Makam Dr. Sulistiyo, Kalitengah, Purwanegara.