DS – Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD Hj Anna Lasmanah Banjarnegara punya Badan Pengawas baru. Pengurus lama telah habis masa baktinya. Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, Kamis (19/09) secara resmi melantik para pejabatnya di lantai 2 RS Hj. Anna Lasmanah. Fungsi Badan Pengawas ini adalah untuk mengawasi jalannya pelayanan rumah sakit. Baik berupa pelayanan di bidang perawatan pasien maupun terkait kelengkapan peralatan maupun pengawasan di bidang manajemen.

 

Budhi mengatakan Dewan pengawas juga memiliki fungsi memberi rekomendasi atas hasil penilaian dan memberi masukan kepada pejabat pengelola BLUD dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya. Fungsi lainnya adalah memberi saran dan pendapat apabila terdapat permasalahan yang menjadi kendala dalam pengelolaan BLUD

“Pesan untuk Badan Pengawas, perbaikan pelayanan dan kecepatan dalam merespon masyarakat di RSUD harus ditingkatkan. Termasuk dalam hal ini adalah permasalahan infrastruktur kesehatan. Bila diperlukan Pemerintah Daerah siap melakukan revitalisasi dan perbaikan pos-pos layanan kesehatan” katanya.

Berkait dengan pelayanan ini, Budhi khusus menekankan pada jajaran petugas kesehatan untuk professional dalam melayani pasien.

“Jajaran petugas di dunia kesehatan dituntut bersikap baik dan ramah terhadap semua  pasien dan jangan pernah membeda-bedakan pasien dari status sosialnya,” tegas Bupati.

 

Dia menambahkan, di dalam melayani masyarakat utamakan kecepatan dalam merespon permintaan pelayanan.

 

Sementara itu Direktur RSUD Hj Anna Lasmanah Banjarnegara, dr Erna Astuti menerangkan, Dewan Pengawas pada RSUD Hj Anna Lasmanah dilantik berdasarkan SK Bupati Banjarnegara Nomor 445/920 tahun 2019. Mereka yang dilantik antara lain : Yusuf Agung Prabowo SH, M. Si yang diangkat sebagai Ketua Dewan Pengawas, Mohammad Iqbal SE (anggota Dewan Pengawas), Dr Icuk Rangga Bawono SH, SE, M. Si (anggota Dewan Pengawas), dan Rida SetyaWardani SE M. Si (Sekretaris Dewan Pengawas).

“Badan Pengawas bertugas untuk masa jabatan  lima tahun dari 2019 – 2024, Diharapkan dengan adanya Dewan Pengawas ini kinerja pelayanan RSUD menjadi lebih baik” katanya. (*_muji prasetyo / ed DS).