DS – Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Cabang Banjarnegara menerima 773 anggota baru. Mereka merupakan jamaah haji baru kloter 72, 73, 74, & 96 yang tiba kembali di Banjarnegara pada awal dan pertengahan bulan September ini. Secara simbolis penerimaan anggota ditandai dengan pemberian Kartu Keanggotaan oleh Ketua IPHI Sutedjo Slamet Utomo dan Wakil Bupati Banjarnegara Syamsudin kepada lima orang perwakilan Korwil.

“Kartu Anggota ini tidak saja menunjukan identitas sebagai anggota IPHI, tetapi juga dapat digunakan untuk memperoleh keringanan dalam pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Islam Banjarnegara” kata Sutedjo, Sabtu (28/09), sesaat sebelum menyerahkan kartu keanggotaan IPHI.

 

Ketua IPHI, H. Sutedjo Slamet Utomo, SH., M. Hum., memyampaikan sambutan saat penerimaan anggota baru IPHI

 

Sutedjo berharap anggota baru ini dapat langsung ikut aktif meramaikan berbagai kegiatan IPHI, baik yang diselenggarakan di tingkat korwil maupun kegiatan di tingkat Kabupaten. Karena kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh IPHI, baik berupa pengajian maupun kegiatan majlis ilmu lainnya selain dapat untuk menambah ilmu, utamanya dapat dijadikan forum silaturahmi antar sesama jamaah Haji. Selain kegiatan keilmuan ada juga kegiatan sosial.

“Semoga dengan sering bertemu dan melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, anggota IPHI senantiasa istiqomah menjaga ghiroh haji dan semoga kita merupakan Haji mabrur” katanya.

 

jamaah memenuhi aula gedung haji

 

Kegiatan IPHI ini, sambungnya, dihadiri oleh anggota Forkompinda atau yang mewakili, Sekretaris Daerah, Pengurus IPHI Provinsi, Ketua Ormas Keagamaan, dan  kurang lebih 2000 undangan yang terdiri dari Haji Baru dan Haji lama dari seluruh wilayah Kabupaten Banjarnegara. Materi pengajian akbar di bawakan oleh KH. Faturahman dari Kebumen.

“Aula gedung IPHI di komplek RSI ini sampai tidak muat. Karena itu panitia menambah tenda dan kursi tambahan agar dapat menampung jamaah” katanya.

 

jamaah haji membludak hingga keluar gedung

 

Nuryanto, mantan Ketua DPRD yang mewakili jamaah haji baru menyatakan jumlah jamaah haji yang pulang kembali di Banjarnegara adalah 773 orang. Satu orang masih tertinggal di Arab Saudi karena tengah dirawat di RS. Dan 3 orang jamaah haji meninggal dunia. Dua meninggal di Arab Saudi dan 1 orang jamaah Haji meninggal setibanya di Banjarnegara.

“Dengan masuknya menjadi anggota IPHI, kami berharap dapat terus mendapat bimbingan agar dapat terus menjaga ghiroh keimanan agar dapat menjadi haji yang baik” katanya.

 

H. Nuryanto mewakili jamaah anggota baru menyampaikan sambutan

 

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada pemerintah daerah atas pelayanan yang diberikan, baik sejak berangkat dari Banjarnegara sampai Donohudan maupun saat penjemputan di Donohudan hingga kepulangannya.

“Terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah menyelenggarakan kegiatan pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji dengan sukses dan lancar. Perjalanan dan pelayanannya juga bagus, bisnya juga bagus-bagus, dan pelayanannya ini bisa dibandingkan dengan kabupaten lainnya” katanya.

 

Pelayanan pemerintah selama melaksananan ibadah haji di Mekaah juga sangat memuaskan. Rata-rata jarak maktab jamaah haji Banjarnegara ke Kabah terbilang dekat. Selain itu, dalam hal makanan juga patut diberi pujian karena disajikannya menu nusantara yang menyesuaikan dengan selera asal jamaah.

“Makanannya enak-enak seperti makan yang sehari-hari ditemui saat di rumah” katanya.

 

Tak lupa, sambungnya, terima kasih diucapkan juga kepada para pemimpin pemerintahan dan ormas, serta masyarakat Banjarnegara yang telah mendoakan mereka selama berhaji sehinggal dapat melaksanakan dengan lancar dan selamat pulang kembali ke Banjarnegara.

 

Wakil Bupati Banjarnegara H. Syamsudin, S. Pd., M. Pd., menyampaikan sambutan pada penerimaan anggota IPHI baru di Aula Gedung IPHI, Bawang.

 

Wakil Bupati Banjarnegara, Syamsudin mengucapkan selamat kepada para jamaah haji baru. Semoga ibadah haji ini membawa arti bagi pribadi juga bagi lingkungannya. Semoga jamaah haji dapat menjadi pencerah bagi lingkungannya masing-masing sehingga masyarakat Banjarnegara menjadi manusia yang berhati jernih, berpikir terang dan senantiasa bersyukur atas semua nikmat yang telah diberikan Allah SWT.

“Semoga perjalanan panjang dan penuh makna selama menunaikan ibadah haji dapat bermanfaat bagi terciptanya masyarakat Banjarnegara yang bermartabat dan sejahtera” katanya. (*_eKo / DS)