DS – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Arif Rahman, Senin malam (21/10) melaporkan assessment sementara terdampak bencana angin kencang dan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi Minggu (20/10). Wilayah terdampak angin meliputi 8 Delapan Desa di Kecamatan Batur dan 1 desa Gembol di wilayah Kecamatan Pejawaran. Laporan sementara menunjukan akibat angin kencang 1092 rumah, 11 sekolah, dan 1 pasar rusak atapnya.

“Dari total rumah rusak tersebut, kategori Rumah Rusak Berat  bagian atap ada 202 Unit, Rumah Rusak Sedang bagian atap 510 Unit, dan Rumah Rusak Ringan bagian atap 382 Unit. Tambahan rumah terdampak untuk desa Gembol Kecamatan Pejawaran ada 15 rumah rusak bagian atapnya” katanya.

 

Salah satu sekolah yang atapnya rusak terdampak angin kencang yang terjadi Minggu malam (20/10) di wilayah Kecamatan Batur

 

Sedangkan untuk sarana prasarana umum, data yang masuk ada 11 sekolah mengalami kerusakan serta atap pasar Batur juga mengalami kerusakan.

“Identifikasi rusak berat, sedang, dan ringan dan perkiraan jumlah kerugian tengah dilakukan oleh Dinas Pendidikan” katanya.

 

Senin malam, lanjut Arif, bertempat di Posko Penanggulangan Bencana Karhutla dan Angin Kencang yang berlokasi di rumah dinas Camat Batur dilaksanakan rapat koordinasi yang dihadiri, Kapolsek,  Forkompinca, BPBD, Pemdes Batur dan Sumberejo. Salah satu poin dalam rakor tersebut adalah dilanjutkan assessment ulang untuk korban Angin Kencang, utamanya kerusakan sarpras.

“Rakor menugaskan asesmen terdampak angin kencang akan dilanjutkan oleh PMI dan MDMC dibantu Pemdes setempat” katanya.

 

BPBD melakukan dropping logistik permakanan di wilayah terdampak bencana Angin Kencang

 

Data assesmen ini diperlukan untuk melaksanakan tindakan selanjutnya dalam penanganan bencana Angin Kencang. Sementara ini, setelah kondisi mulai reda, warga mulai berinisatif secara mandiri memperbaiki atap rumahnya yang rusak. Seng-seng yang beterbangan mulai dikumpulkan dan yang baik kondisinya dimanfaatkan kembali.

“Siang ini BPBD sudah mengirimkan bantuan permakanan ke lokasi bencana” katanya. (*_eKo / ed DS)