DS – Kementerian Perdagangan bangun pasar rakyat untuk mempertahankan pasar tradisional agar tidak tergusur oleh pasar-pasar modern. Pembangunan pasar sudah merambah berbagai tempat di Indonesia. Demikian disampaikan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan RI, Suhanto.

“Dari 2015 sampai akhir Desember 2019, telah dibangun 5200 pasar rakyat di seluruh Indonesia dan beberapa ada di Banjarnegara,” terangnya

 

Dari hasil evaluasi yang dilakukan, tampilan pasar tradisional yang dulu terkesan kumuh dan bau kini telah berubah menjadi lebih tertata. Tempatnya lebih bersih dan nyaman bagi penjual serta pembeli sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) Pasar Rakyat.

“Salah satunya tentang kepedulian lingkungan” katanya.

 

Wabup menyampaikan, Kementerian Perdagangan di tahun 2019 ini telah membantu dana untuk revitalisasi sejumlah pasar di Banjarnegara. Bantuan itu antara lain untuk Pasar Wage senilai 750 Juta, Pasar Tunggoro sebanyak 1,1 Milyar, Pasar Purwasaba sejumlah 1 Milyar “Pembangunanya semua sudah selesai seratus persen” katanya. (*_amar / ed DS)