DS – Siapapun Warga Negara Indonesia (WNI) dapat menjadi pahlawan masa kini. Hal itu bisa dilakukan dengan cara melakukan aksi nyata memperkuat keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Aksi nyata itu seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat menganggu ketertiban umum, tidak menyebar berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis, dan lain sebagainya. Demikian Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, Minggu (10/11), membacakan sambutan Menteri Sosial RI pada upacara Hari Pahlawan di halaman Seda.

“Dengan menjadikan diri kita sebagai Pahlawan Masa Kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi” katanya.

 

 

Pengibaran Bendera Merah Putih pada acara peringatan hari Pahlawan

 

Peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat. Jangan biarkan, kata Budhi, NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjai sia-sia. Jangan biarkan pihak yang tidak bertanggung jawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan biarkan negeri terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain.

“Mari maknai Hari Pahlawan dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia Maju” katanya.

 

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono bersama Dandim 0704 Letkol Inf Dominggus Lopes,S.Sos,, Kapolres Banjarnegara AKBP Aris Yudha Legawa, SH, SIK, dan seorang veteran menabut bungan pada salah satu makam di TMP Sureng Yudha.

 

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Aziz Ahmad selaku penyelenggara kegiatan Peringatan Hari Pahlawan mengatakan peringatan Hari Pahlawan dilaksanakan untuk menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan. Selain itu melalui Peringatan Hari Pahlawan diharapkan dapat membangkitkan semangat berinovasi anak-anak bangsa untuk berani menorehkan prestasi di berbagai kehidupan, memberi kemaslahatan bagi masyarakat, dan membawa harum bangsa di mata Internasional. Tema kegiatan Hari Pahlawan adalah “Aku Pahlawan Masa Kini”.

“Kegiatan yang dilaksanakan berupa upacara Hari Pahlawan di halaman Setda dipimpin Bupati yang diikuti OPD, TNI. Polri, Satpol PP, ormas, dan pelajar, dilanjutkan dengan upacara di Taman Makam Pahlawan Sureng Yudha, yang dipimpin Dandim 0704 Banjarnegara. Acara ini dilanjutkan dengan tabur bunga” katanya. (*_eKo / ed DS)